Monday, February 19, 2018

SATU HARI DI SINGAPORE (TRAVEL HARI KETIGA) & KL HARI KE EMPAT (Merlion Park, Arab Street, Haji Lane, Mesjid Sultan, Clarke Quay, Garden by the Bay, Marina Bay Sand)



Hallo kaka-kaka yang ketjeh, semoga gak bosen baca celotehan di blog ini yak hehe. Kali ini aku masih ngelanjutin cerita sebelumnya dimana aku pergi ke Singapore lewat Malaysia. Ada beberapa agenda yang awalnya udah aku susun buat “Seharian” di Singapore ini kaya ke Sentosa, USS, Little India, Bugis dsb di cancel. Jadi bener-bener Cuma punya waktu seharian. Dan itu gak akan sempet karena pada malam harinya aku harus balik lagi ke Kuala Lumpur dan menunggu penerbangan pulang ke Jakarta.

Insiden Imigrasi yang udah aku ceritain di episode sebelumnya bener-bener ngabisin waktuku yang cuman sehari ini. Sebagian agenda jadi di cancel gara-gara gak memungkinkan dengan waktu yang tadinya seharian berubah menjadi setengah hari saja. Anyway di Singapore ini kita bisa pake bahasa melayu yg mirip-mirip sama bahasa Indonesia, tapi kebanyakan yang aku denger sih mereka pada pake Singlish (Singapore English) perpaduan bahasa inggris dengan melayu dan mandarin. Dan untuk mata uang disini memakai Dollar Singapore yang ratenya lumayan gede kalo dibandingin rupiah. Well, mari kita mulai ceritanya~

 -----MERLION PARK-----
  
Rencananya, aku mau ketemuan dan jalan bareng sama temen Couchsurfing yang kali ini berasal dari Vietnam. Meeting pointnya di Merlion park. Setelah beres urusan imigrasi di Woodland check point, aku lanjut jalan kaki ke stasiun Marsiling. Dari St.Marsiling, aku naik LRT menuju St.Rafles Place yang lumayan deket ke Merlion Park. Perjalanan dari Marsiling ke Rafles place itu udah ujung keujung. Bener-bener kaya ngebelah daratan singapore di tengah-tengah. Kurang lebih perjalanan ngabisin waktu satu jam.
BTW udah pada tau kan Merlion Park itu apa. Menurutku sih icon nomor satunya Singapore. Patung Singa setengah ikan itu loh. Mermaid Lion, Merlion atau Singa Duyung? XD wkwk. Untuk sejarahnya kenapa itu Singa setengah Ikan, mending cari sejarahnya di mbah google aja ya sis bro. Aku juga gak begitu faham kenapa iconnya singa setengah ikan. Salah satu ceritanya konon sih dulu penemu wilayah itu ngeliat sosok singa di deket Pura (tempat ibadah) jadilah Singapura, yang lama-lama jadi Singapore. Tapi pada kenyataannya wilayah tersebut gak dihuni oleh singa. Entahlah.. Cuma cerita yang gak jelas sumbernya darimana wkwk. Yang jelas itu patung sangat terkenal. Karena udah jadi icon Singapore. Makanya gak afdol rasanya kalo ke Singapore gak ke Merlion Park.
Tempat Merlion Park sendiri sebenernya merupakan area terbuka yang berhadapan sama laut. Jadi jangan heran kalo siang-siang dateng ke Merlion Park bisa sangat panas banget. Sama kaya di pantai. Saran aku sih mungkin kalo datang kesini enakan pagi atau sore biar gak terlalu panas kali ya. Karena panasnya terik matahari siang-siang bikin gosong sisbroo (pengalaman haha) dan biar enak juga kalo mau foto-foto gak terlalu silau kaya fotoku dibawah wkwk.
Setelah ketemu sama temenku, kita menghabiskan beberapa menit buat foto-foto di Merlion park. Selain patung merlion yang menjadi background di lokasi itu, kita juga bisa melihat pemandangan Marina Bay Sand, Explanade dan Garden by the Bay dikejauhan, serta gedung-gedung perkantoran yang menjulang. Ada beberapa café di dekat Merlion Park kalo-kalo kelaperan atau kehausan. Tapi saran aku sih mending bawa makanan & minuman sendiri karena beli disana serba mahal haha.



-----CLARKE QUAY-----

Seetelah dari Merlion Park, temen aku ngajak lunch King Crab gitu di resto yang dia search di Google. Dari Merlion park kita naik taxi ke alamat resto tersebut dan berakhir di sebuah hotel. Setelah agak nyasar nyari-nyari resto dan tanya-tanya, ternyata restonya itu emang resto di dalem hotel dan ada di lantai 4 kalo gak salah. Dan gak banget buat dijadiin tempat nongkrong wkwk. Tempatnya terlihat high class dan pengunjungnya juga kebanyakan mungkin tamu hotel itu sendiri. Kaya gak cocok aja gitu kalo traveller on budget masuk kesana haha. Tapi kita tetep masuk dan nyoba tanya tentang king crab yang temen aku mau itu tapi ternyata lagi out of stock. Akhirnya kita keluar dan nyari makan di mall deket situ. Tapi karena gak nemu juga makanan yang pas, kita akhirnya skip dulu lunch dan lanjut menuju Haji Lane. Nah menuju Haji Lane ini, dari tempat yang gak tahu namanya itu, kita googling dan nyari stasiun MRT terdekat. Adanya di Clarke Quay. Akhirnya kita jalan kaki menuju St.Clarke Quay yang agak jauh dan gak sengaja nemuin Clarke Quay itu sendiri. Clarke Quay itu merupakan tempat night life samping sungai Singapore. Banyak café-café yang menjual berbagai menu. Dan dekorasi disana instagramable banget. Pokonya tempat hang out yang kece deh. Tapi karena waktu itu masih terbilang siang, jadi masih belum terlihat rame. Dan kitapun gak niat buat kesana awalnya. Cuman numpang lewat. Mungkin kapan-kapan bisa dijadiin destinasi khusus bwt wisata malam.
 


-----ARAB STREET, MESJID SULTAN & HAJI LANE-----

Dari St.Clarke Quay, kita naik MRT menuju St.Bugis dan transit di St.Little India. Setelah sampe di St.Bugis, kita sempet lewatin kawasan Bugis yang terkenal sama pusat belanja, tapi karena gak ada waktu banyak, kita bener-bener cuma lewat, beli snack dan minuman dan lanjut jalan kaki menuju Haji Lane. Jalan kaki dari kawasan Bugis, Kita akhirnya sampe di kawasan Arab Street. Dan langsung di sambut sama pemandangan Mesjid Sultan yang Indah gemilang. Temen aku (cewek) sempet nyari toilet buat ganti celana panjang karena sebelumnya doi pk celana pendek. Dia bilang dia pengen masuk ke mesjid itu dan pengen tau tentang islam. Makanya ga enak kalo pake celana pendek masuk ke mesjid. Pas aku tanya, doi bilang kalo sebenernya nggak beragama dan katanya mayoritas org sana memang gitu. Jadi kepercayaan mereka ada pada tradisi leluhur. Aku salut bgt sama toleransi, atitude dan rasa ke-ingin-tahu-an-nya. Pas di mesjid dia banyak ngobrol2 sama petugas mesjidnya tentang agama islam. Untung petugasnya fasih bahasa inggris. Kalo ngobrol sama aku takut banyak yang salah karena inggrisku jelek. Apalagi topik agama. Salah sedikit bisa sesat dah anak orang -_-

Abis dari Mesjid Sultan, jalan sedikit ke arah Arab Street yang persis di sampingnya. Disitu terdapat banyak pertokoan yang khususnya menjual kain dan baju-baju muslim. Setelah cukup tau dengan arab street, lanjut jalan lagi dikit ke gang yang disampingnya yaitu Haji Lane. Haji Lane itu sebuah gang yang disamping kiri-kanannya terdapat café-café, pertokoan aksesoris, dan macem2. Daya tarik utama dari Haji Lane adalah Graffiti dan dekorasi dari toko-tokonya yang artsy dan instagramable banget. Terutama di café Piedra Negra, café khas Mexico yang jadi ciri khas Haji Lane. Sayangnya waktu itu lagi tutup, jadi kita sempet lunchnya di Going OM café dan beli gelang-gelang di Silver Triangel. Awalnya kupikir ini gelang murah. Harga satunya 8 dollar singapore. Eh pas udah beli, dipikir-pikir lagi ternyata itu sama aja dengan 80.000 rupiah -___- kalo beli KFC kenyang kali ya. Tapi gpp lah buat kenang-kenangan. ( Tapi pada akhirnya itu gelang sekarang gatau kemana. LOL )
Mural dan dekorasi di Haji Lane

Going Om Cafe
 
Pernak-pernik di Silver Triangel yang unik-unik


-----GARDEN BY THE BAY-----

Setelah puas dari Haji Lane, selanjutnya aku dan temanku punya agenda masing-masing. Dia mau ke little India, sedangkan aku mau ke Garden By The Bay. Akhirnya dari stasiun Bugis, kita berpisah karena tujuan kita berlawanan. Aku lanjut kearah st.Marina Bay. Harusnya sih turun di Bayfront katanya lebih deket, tapi karena udah hectic  jadilah turun di St.Marina Bay. Pas keluar dari st.Marina Bay, pemandangannya indah banget. Ada dataran ijo lumayan luas gitu bersebelahan sama gedung-gedung tinggi dan proyek pembangunan yang kontras. Dari situ aku udah bisa liat Top Tree nya Garden by the Bay. Tapi ternyata masih jauh banget dan udah gak sanggup buat jalan kaki karena punggung udah pegel bawa2 ransel. Akhirnya aku ngedeketin terminal bis gitu itupun jalan kaki lumayan jauh. Bingung baca jurusan bis nya. Dan ga ada orang yang bisa ditanya disana. Cuman aku sendirian. Akhirnya aku lambai2 setiap ada taxi yang lewat. Tapi tu taxi ga ada yg berhenti. Heran. Mulai bingung gimana caranya nyetop taxi di Singapore  XD wkwk. Akhirnya aku jalan menjauh dari terminal bis itu, mungkin kali aja tuh taxi gak boleh berhenti di terminal bis. Dan akhirnya aku lambaikan tangan lagi. Voila! Satu taxi berhenti juga. Aku masuk tuh ke taxi itu. Tapi supirnya agak kurang ramah. Sampe aku mikir sebenernya manggil taxi yang bener disana gimana sih o____o’’ tapi dianter juga sampe Garden by the bay. Disini agak bingung sih pas bayar. Biaya yang disebutin gak sama dengan biaya yang tercantum di argonya. Apa mungkin ada charge lain? Pajak atau apa gitu. Atau dia nge “Bego” in gara2 sebelumnya doi sempet nanya aku dr mana. Dijawab “from Indonesia” :V9. Dan emang ‘Bego’nya aku gak protes ditagih biaya sekian XDXD gatau deh mungkin saking hecticnya jadi dibayar saja biar cepet kelar.
Pemandangan dari sekitar Marina Bay

FINALLYY.. sampe juga di Garden by the Bay dan langsung disambut sama pemandangan Top Tree yang menakjubkan. Seger deh pokonya. Ijo-ijo semua. Kiri kanan sekeliling banya tanaman yang tertata rapi. Ada kolam-kolam, ada spot kaktus-katus dan bunga2, ada juga spot air mancur buat area maen anak dan ada store2 makanan dan aksesoris. Dulu aku sempet ngebayangin kalo Top Tree yang ada di Garden by the Bay itu pohon yang gede-gede. Tapi sebenernya si Top Tree ini bukan pohon sungguhan, melainkan kaya menara jaring2 besi tinggi yang diatasnya berbentuk payung kebalik (wkwk) dan ditutupi sama tanaman-tanaman kecil dan merambat disetiap bagiannya sehingga terkesan seperti pohon ijo yang tinggi-tinggi.

Menjelang gelap, dekorasi lampu warna warni menghiasi sana sini. Terlebih dekorasi lampu di Top Tree yang keren banget. Wana warni violet. Di beberapa spot terbuka banyak juga orang-orang yang duduk emperan. Serasa piknik gitu. Pake matras dan gelar makanan minuman. Sambil liat pemandangan senja yang kerlap kerlip. Romantis beutt (*/\*)

Disana aku keliling gak tentu arah. Setiap ada petunjuk jalan kesana kemari ya diikutin aja wkwkwk. Masuk ke Garden by the Bay ini gratis karena pada dasarnya udah kaya taman kota. Cuman ada beberapa spot yang harus bayar kaya kalo mau masuk ke Cloud Forest, Flower Dome, Conservatory, naik Sky Walk (Jalan layang yang ada di atas top tree), atau naik shuttle buat keliling.  Tapi gatau bayar berapa. Di Garden by the Bay aku cuman jalan-jalan doang dan numpang duduk pas lagi pegel-pegelnya kaki. Masih banyak banget area yang belum diliat saking luasnya itu area. Tapi sang surya sudah mulai kembali ke peraduannya.....hfffft jadilah sekitar jam 7 petang abis beres keliling2, aku nyari petunjuk arah yang menuju stasiun MRT karena ngejar jadwal kereta yang balik ke Malaysia dari Woodlands Check Point.
Top Tree dan Sky Walk

Cloud Forest

Salah Satu Sudut Taman dan Area Air Mancur Anak

-----MARINA BAY SAND-----

Mengikuti arahan ke stasiun MRT terdekat yaitu st.Bayfront, aku jalan ke arah Malay Garden, dan melalui Dragonfly Bridge yang dibawahnya ada Dragonfly Lake (Danau Capung). Dari situ kita bisa liat pemandangan Singapore Flyer (Bianglala tertinggi di dunia : 165 Meter). Juga pemandangan Top tree yang udah pada terang sama lampu-lampu.  Jalan lagi nyebrang ke Marina Bay Overpass yang aku gak ngeuh kalo ternyata itu masuk ke bangunan Marina Bay Sand! OMG. Padahal awalnya gak ada niatan mau kesana. Eh kelewatan juga. Lumayanlah numpang check in lokasi ya meskipun cuman di Marina Bay Sand bagian bawah doang. Hahaha. Jadi emang ada area yang bebas dimasukin karena merupakan sebuah jembatan jalurnya orang lewat ke area Bayfront Ave (depan Marina Bay Sand). Pas masuk ke area Marina Bay Sand, kesan wah langsung terlihat. Dekorasinya gemerlap. Sayangnya aku gak sempet foto-foto didalem. Jadi kesan Wah nya cuman bisa di ingat aja. Atau kapan-kapan kita kesini yuk! wkwk. Kata Wikipedia, jumlah lantai di Marina Bay Sand itu 57 lantai dengan 55 lantainya adalah hotel. Selain hotel, Marina Bay Sand juga berisikan kasino, tempat theater, resto, sky park, dll. Oke jadi ini judulnya numpang lewat ya haha. Numpang permisi (tapi sayang gak sempet numpang ke toiletnya wkwk).
Pemandangan dari Dragonfly Bridge
Inside Marina Bay Sand

-----KL HARI KEEMPAT-----

Setelah keluar dari area Marina Bay Sand, kita jalan kaki menuju arah masuk stasiun MRT Bayfont yang bersampingan sama jalan raya. Lokasinya tidak terlalu jauh dari depannya Marina Bay Sand. Setelah naik MRT, transit sekali di St.Marina Bay dan langsung menuju St.Marsiling lagi. Dari St.Marsiling naik Taxi ke Woodland Check Point, Nuker tiket, pemeriksaan imigrasi dan tepat pukul 22:00 naik kereta menuju Johor Bahru Malaysia yang jarak tempuhnya mungkin sekitar 5 menit (?) karena emang deket wkwk. Sampe di Johor Bahru Malaysia, ada waktu nunggu karena jadwal kereta ke st.Gemas (sebelum ke Kuala Lumpur) ada di jam 22.50. Dari Johor Bahru lanjut naik kereta menuju st.Gemas dengan waktu tempuh sekitar 3 jam lebih. Sampe di Gemas sekitar jam 3an. Dan langsung tiduran di bangku stasiun bareng beberapa orang lainnya karena nunggu jadwal kereta ke Kuala Lumpur jam 07.30. (ini pas aku reserve tiket dari jauh-jauh hari memang udah gini jadwalnya. Udah yang paling deketan) sempet lelap tidur ngeringkuk di bangku ruang tunggu, tiba2 jam 4 atau jam 5 gitu ada alarm ruangan kenceng banget sampe semua orang bangun serentak wkwkwk kaya alarm bencana gitu deh. Gilak ngagetin banget suaranya. Haha. Awalnya gatau maksudnya apa. Mungkin emang sengaja buat bangunin semua orang karena ada jadwal kereta yang bakal berangkat jam segitu (?) atau karena waktu subuh. Dan ternyata Dua-duanya bener. Ada jadwal kereta yang berangkat jam 5an tapi bukan ke KL. Trus juga emang udah waktu subuh. Well. Setelah sempet bersih2 dan subuhan, masih ada 2 jam tersisa buat naik kereta ke KL. Balik lagi ke bangku ruang tunggu, sempet nyemil cadangan snack dan tiduran lagi wkwk tapi gak bisa tidur lelap. Takut kebablasan :V. Akhirnya jam 7 pun tiba dan aku naik kereta menuju Kuala Lumpur. Sampe di KL Sentral jam 10 kurang. Dari KL Sentral, aku udah ada rencana ketempatnya temen dari Couchsurfing yang kali ini emang berasal dari Kuala Lumpur. Aku udah bilang sebelumnya kalo aku mau numpang istirahat setengah hari dan emang dia welcome dan udah biasa nampung para traveler dari aplikasi couchsurfing. Dari KL Sentral, aku naik kereta jurusan Batu Caves dan turun di Batu Kentonmen yang deket sama tempatnya temen aku itu. Dan dia ngejemput dari situ. Sempet ditraktir brunch nasi lemak yang enak banget di pinggir jalan. Katanya langganan dia. Jadi inget nasi uduk mba-mba belakang kantor wkwk. And finally sampe ditempatnya dia, aku numpang bersih-bersih, tidur siang, istirahat dan rapih-rapihin barang bawaan sebelum aku berangkat ke Bandara buat balik ke Jakarta. Sore harinya aku dianter lagi ke tempat shuttle bis bandara dan many-many say thank you banget sama temenku itu karena udah ngerepotin. Nyampe di bandara KLIA 2, aku sempet mampir di KFC karena perut udah keroncongan lagi. Dan di KFC ada pilihan nasinya nasi lemak!! dan pilihan sausnya ada saus Thailand. Gilssss enak banget. Mesti nyoba deh nasi lemaknya KFC di Malaysia. Abis makan, langsung menuju imigrasi. Pas lewatin pintu pemeriksaan, dia bunyi terus kaya ada yg ke detect gitu. Bulak balik lewatin pintu  dan diraba raba sama petugasnya -__- tetep bunyi. Akhirnya diloloskan gitu aja. Mungkin mesin deteksinya error. Atau ada unsur badanku yang terbuat dari metal? Wolverine kali ah (>.> )a. Well sampe disini dulu ya kaka ceritanya. Dilanjut kapan-kapan dengan cerita yang lain (>.^)7 Terimakasih udah nyempetin bacaan yang ngalor ngidul ini. See you~

0 comments:

Post a Comment