Wednesday, July 18, 2018

Pengalaman Di Infus


Kalo berbicara tentang “di infus”, biasanya identik sama opname atau rawat inap. Dan kalo sampe udah ngeharusin di infus, itu artinya orang tsb memang membutuhkan asupan cairan tambahan atau obat di tubuhnya.

Sampai dengan tulisan ini kubuat, aku udah 3 kali ngalamin di infus. Pertama saat masih kecil, saking masih kecilnya akupun tidak terlalu ingat. Hanya diceritain sama ortu kalo aku dulu pernah step kejang-kejang gitu sampe ngeharusin di infus. Kedua, pas aku kelas satu SMA. Waktu itu aku sakit berhari-hari di asrama hingga akhirnya aku dibawa pulang sama keluarga dan dibawa ke unit kesehatan. Dan ujung-ujungnya aku diharuskan pasang infus. Awalnya dokter mengira aku kena DBD tapi setelah hasil pemeriksaan keluar, aku ternyata terkena gejala tipes.
 
Disinilah pertama kali aku bener-bener ngerasain gimana itu rasanya di infus. Awalnya tanganku di iket dulu gitu pake alat semacam karet penahan aliran darah, terus di oles alkohol dikit di permukaan kulit yang mau di tusuk jarum. Dan.. yaaa rasanya di infus itu sama kaya di suntik biasa pake jarum. Bedanya jarumnya terus nancleb di situ alias gak langsung di lepas kaya di suntik biasa. Hehe. Jarum suntikan tsb udah tersambung sama selang dan botol yang berisi cairan infusan. Sebenernya untuk komposisi cairan infusnya sendiri aku kurang faham, tapi setauku dia mengandung natrium klorida yang berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh yang hilang. Nah, setelah setelah jarum masuk disuntikan, barulah dipasang perekat/sticker biar jarumnya gak gerak-gerak dan terus nempel dengan posisi yang sama. Sebenernya yang ngeri sih emang pas masukin jarumnya itu lho. Kalo pas jarumnya udah masuk sih rasanya adem karena cairan infus udah mulai ngalir ke dalam aliran pembuluh darah kita. Btw biasanya bagian yang kena infus suka agak bengkak dikit tapi gak sakit. Waktu itu tanganku jadi kaya besar sebelah hehe.

Ada satu pengalaman waktu aku di infus jaman SMA itu, sekitar jam 1 malem lagi tidur, tiba-tiba aku ngerasain nyut nyutan di tanganku yang di pasang infus. Pas aku bangun dan buka mata, aku udah liat darahku ke sedot infusan dan naik terus ke atas menuju si botol infusannya. Jadi ternyata kalo cairan infusnya habis, darah kita malah bakal ke sedot menuju botol infus yang kosong tsb. Kecuali kalo puteran penahan selangnya di eratkan. Tapi waktu itu aku belum ngerti dan panik banget liat darah udah ngalir keatas hampir sampe di botol infusan. Apalagi aku emang agak ngeri kalo liat darah.

Saat itu jagain ada bapak. Aku gak tega mau bangunin bapak yang lagi tidur. Pokonya aku orangnya segan banget kalo sama ortu. Gamau nyusahin ceritanya. Akhirnya aku bangun sendiri pelan-pelan karena emang masih kuat untuk berjalan. Terus aku keluar ruangan dan jalan lewatin koridor yang kosong buat nyari suster sambil pegang infusan yang berisi darah. Horror juga sih ya wkwk. (Btw tempatku dirawat saat itu kayanya ga ada tombol buat manggil suster. Atau mungkin aku nya aja yang gak tau ya wkwk)

Saat aku jalan-jalan lewatin koridor, aku nemuin satu ruangan yang ada suara TVnya. Tanpa pikir panjang aku langsung masuk kesitu dan ternyata emang ruang perawat. Disana ada dua orang suster yang lagi tertidur di meja dengan TV menyala. Aku colek tangan si suster dan nunjukin infusan aku tanpa ngomong apa-apa. Wkwkwk. Susternya langsung kaget dong dan buru-buru meraih selang infusanku sambil nyari-nyari botol infus yang baru. Dia juga melintirin selang infusanku yang ada darahnya biar cair lagi dan gak beku dalam selang. Beberapa menit dia melintir-melintir selang infusan agar darahnya kebawa ngalir lagi masuk ke tanganku. Agak ngilu juga rasanya karena jarum infusannya ikut ke gerak-gerak kali ya. Tapi akhirnya proses itu kelar juga dan infusan kembali normal. Akupun dianter balik ke ruanganku. Disana bapak udah bangun dan katanya nyari-nyari aku dari tadi. hehe Pasien yang hilang... Lol

## Pengalaman di infus ketiga, baru banget kejadian minggu lalu.
Awalnya aku gak enak badan  kaya flu gitu. Demam, pusing, mual-mual kaya masuk angin. Akhirnya hari senin (2/7) aku pergi memeriksakan diri ke Puskesmas. Dikasih antibiotik, vitamin, paracetamol sama obat flu. Flu nya sebenernya kaya alergi gitu soalnya dia muncul kalo aku lagi kedinginan aja. Singkat cerita sampe hari kamis (5/7) semua gejala sakitnya udah hilang. Udah lumayan seger. Eh besok Jum’at-nya (8/7) pagi-pagi perut berasa kembung, mual, pusing, dan pegel linu. Aku nganggepnya masuk angin kali ya dan minum tolak angin sama minta temen kantor buat ngusapin kayu putih di punggung. Saat itu lumayan agak enakan, tapi akhirnya hari sabtu (9/7) gejalanya jadi berubah ke sakit tenggorokan. Aku susah banget buat nelen makanan. Jangankan makanan dan minuman, nelen ludah aja perih banget. Kayanya radang sih pikirku. Tapi ko beda banget sama radang yang biasa aku alamin kalo mau flu. Akhirnya aku coba buka mulut depan kaca sambil di senterin ke tenggorokan. Dan kaget banget baru kali ini liat di tenggorokan banyak sariawannya. Diatas, kanan, kiri, dibawah lidah, di gusi juga. Ya tuhan.. pantesan perih banget kalo nelen makanan. Aku istirahat sabtu-minggu. Cuman makan bubur polos dua sendokan terus minum paracetamol sama kumur-kumur air garem. Ngefek tapi cuman dikit. Tetep aja sakit dan masalahnya jadi susah banget makan dan minum. Perih bangetttttt. Nunggu senin buat periksa lagi ke puskesmas. Soalnya puskesmas tutup kalo weekend. Dan aku juga biar gratis pake BPJS cuman bisa ke puskesmas. Tibalah hari senin (9/7) aku cuti kerja dan pergi ke puskesmas. Aku bilang sama dokternya kalo baru minggu lalu aku kesini. Dan dokternya bilang karena aku mungkin makan sembarangan sama imun lagi lemah, jadilah sakit lagi. Dan dokter cuman ngasih vitamin sama paracetamol dong. Gak dikasih antibiotik karena baru minggu kemarinnya dikasih antibiotik. Mungkin dosisnya terlalu dekat jaraknya gak baik juga. Cuman ya efeknya radang aku susah sembuhnya. Ibaratnya ni radang ditunggu biar sembuh sendiri. Padahal aku ke ganggu banget sama ini radang. Pokonya bener-bener kesiksa banget.

Hari selasa (10/7) aku masuk kerja dengan radang yang masih ngeganggu. Makan bubur polos seporsi buat seharian. Gabisa nelen yang aneh-aneh pokonya. Itu aja butuh perjuangan. Rasanya haus banget tapi kalo minum perihnya lebih perih daripada nelen bubur. Pulang kerja karena aku gak tahan, akhirnya aku pergi ke RS buat periksa. Aku gak puas soalnya sama hasil puskesmas. Akhirnya dikasih obat sama dokter dan ada antibiotiknya. Dia bilang juga buat banyakin minum karena takutnya aku kena gejala tipes. Kalo dalam dua hari masih sakit, dianjurin buat periksa lab. Akhirnya aku coba dulu buat terapi obat yang dikasih. Hari rabu dan kamis cuti kerja buat istirahat. Pas kamis malem, abis minum obat aku ngerasa mual banget dan berdebar-debar. Aku coba tenangin diri dan nyoba dibawa tidur berkali-kali tetep ga bisa. Hingga akhirnya jam 12an aku gak kuat lagi nahan akhirnya order gojek sendiri buat ke UGD. Pas udah nyampe disana mualku malah ilang. Bingung juga mau bilang apa sama dokter. Lol. Cuman aku kepikiran aja karena kurang asupan cairan dan susah makan berhari-hari karena radang, badan lemas juga. Aku minta sendiri sama dokternya buat di infus. Seengganya aku mikir bisa ada cairan masuk kedalam tubuh dan gak melalui mulut untuk mengurangi penderitaanku :( Aku juga minta dirawat inap aja sekalian biar di cover asuransi. Soalnya waktu itu asuransiku hanya cover rawat inap aja. Sekalian nunggu proses administrasi, aku disuruh buat milih kamar. Kocak gak sih pas milih kamar, terjadi percakapan gini:

“ini yang mau pilih kamar ya?”
"iya"
“pasiennya dimana?”
"aku sendiri" Wkwkwk.

Miriiis.. kagak ada siapapun yang nganter. Maklum anak kosan. Tetangga kosan juga gak ada yang deket banget. Dan selama emang masih bisa dilakuin sendiri, why not? Mandiri bgt ye kan.wkwk

Setelah milih kamar, aku balik lagi ke ruang UGD buat di pasang infus. Akupun dipasangin infusan sama seorang perawat cowok, ya kurang lebih sama sih cara masang infusnya kaya yang waktu itu. Perawatnya bilang "tenang ya, gak sakit ko". Aku sih udah tenang, tapi tetep merem. Gak mau liat jarumnya. Ngeri. haha. Dan secepat kilat itu infusan udah terpasang. Baru tau sih infusan dipasangnya di punggung tangan. Dulu pas di infus zaman SMA itu dipasangnya di samping pergelangan tangan. Mungkin sama aja kali ya. Yang penting dicari aliran pembuluh darahnya.

Setelah infusan terpasang, aku dianter pake kursi roda sama perawatnya menuju kamar yang tadi udah aku pilih. Disitu aku bisa istirahat deh. Berhubung asuransinya waktu itu biasa aja. Rawat inapku cuma di cover di kelas 3. Sekamar bisa sampe 6 pasien. Tapi yang ada waktu itu cuman 3 pasien sama aku. Jadi gak terlalu crowded dan gak terlalu sepi. Orang-orangnya juga baik-baik. Aku gak ngerasa keganggu. Malah nyaman aja istirahat di RS. Segini juga udah sangat membantu. Yaa meskipun ada satu pasien yang berisik muntah-muntah terus gara-gara keracunan jengkol katanya (.___.)

Tapi terlepas dari siksaan sakit tenggorokan yang awet banget, sebenernya istirahat di RS itu cukup enak. Bebas gangguan kerjaan, asupan cairan tubuh cukup terjamin dengan infusan, kegiatannya cuman tidur, tidur dan tidur. Makan dikasih pula tepat waktu. Beda kalo istirahat dikosan harus nyari makan sendiri kan. Belum lagi asupan cairan tubuh yang kurang, waktu makan yg gak teratur dan malah harus keluar rumah beli sendiri. Makin kurus kering dah. Tapi ya namanya di RS tetep aja gak bisa disamain kaya hotel dong ya. Toh bukan liburan juga. Cuman menurutku pilihan rawat inap itu gak buruk-buruk amat. Meskipun selama rawat inap kali ini aku gak ada yang jagain. Alias sendirian. Hiks. Haha. Aku emang bilang sama ortu kalo aku rawat inap setelah sebelumnya 2 harian aku gak bilang apa-apa. Niatnya sih pengen gak bilang sama sekali tapi insting si mamah yang nebak aku lagi sakit, akhirnya aku bilang juga deh. Cuman aku tegasin kalo ortu ga usah jauh-jauh ke Jakarta, sayang ongkos dan buang-buang waktu. Toh aku juga masih sanggup ngapa-ngapain sendiri. Dari mulai makan dan ke toilet aku bisa sendiri (Pasien Mandiri) LOL. Berkali-kali ortu dengan khawatir mastiin lagi dan lagi dan berkali-kali juga aku tegasin kalo aku akan baik-baik saja. Kalo ada ortu, justru aku malah ngerasa ke bebani. Ke bebani disini bukan karena mereka nyusahin atau apa. Tapi karena mereka kan juga punya aktifitas sendiri, aku gamau ganggu. Gamau ngerepotin siapapunlah intinya. Lagipula beberapa temen dan rekan kantor juga ada yang jengukin kadang-kadang. Udah lebih dari cukup sih.

Besok pagi hari jumatnya (13/7) aku diperiksa dokter dan dikasih antibiotik yang di infuskan berkala. Tapi radangnya awet banget sumpah. Sampe akhirnya diserahin ke spesialis THT. Sama dokter THT, aku diperiksa tapi dia gak jelasin juga ini penyakit apa. Yang ku denger dia bilang ini radang akibat panas. Terus ngasih resep obat deh sama susternya dan aku dikasih obat kumur-kumur juga. Aku dirawat sampe hari Senin (16/7). Untungnya si radangnya udah mulai menghilang di hari minggu. Dan infusan dicopot hari minggu pula. Hari-hari terakhir udah much better. Akhirnya aku bisa nelen makanan dan minuman dengan normal. Makanan yang dikasih dari RS udah bisa aku abisin semua dan ternyata rasanya enak Hahaha. Siang hari seninnya aku diambil darah lagi untuk cek lab. Dan setelah hasilnya keluar dari lab dengan hasil bagus, aku dibolehin pulang dan mengurus administrasi. Aku agak deg-degan pas diruang administrasi. Takut ada yang gak di cover asuransi. Tapi alhamdulillah sebagian besar di cover. Hanya biaya materai dan katanya biaya kunjungan yang ditotal Rp.31.000 yang gak di cover dan harus ku bayar. 

Awalnya aku mau pulang sendiri order gocar. Agak rempong emang soalnya banyak makanan yang aku dapet pas kunjungan temen-temen. Gak bisa kuabisin di RS kan. Untungnya ada temen kantor yang nawarin buat ngejemput. Thank god dijemput sama temen-temen kantor. Dianter sampe kosan. Hari selasa (17/7) aku masih izin istirahat. Dan alhamdulillah hari rabu ini (18/7) aku udah masuk kantor dan bisa nulis artikel ini~~

Terimakasih sudah membaca..
Sehat selalu ya teman-teman :)

0 comments:

Post a Comment