Monday, April 22, 2019

Nostalgia Anime Tahun 90-2000an di TV Indonesia


Hai generasi 90 - 2000an.. jangan pura-pura gatau apa itu anime! Dari dulu kita udah disuguhin tayangan-tayangan anime tiap hari minggu dari jam 5 pagi di Indosiar kaaaan.... Wkwkwk. Hayoo ngaku yg suka mantengin TV dari subuh pas hari mingguu???… (penulis angkat tangan) 😂 😂
Yak, mungkin sebagian dari kita lebih mengenal dengan istilah kartun Jepang. Nah kartun Jepang itu biasanya disebut anime, berasal dari kata animation atau gambar bergerak. Rata-rata anime itu di adaptasi dari Manga (komik Jepang) atau video games. Kali ini aku mau bernostalgia dengan 50 anime yang pernah mengisi masa lalu di TV Indonesia. Beberapa anime ini tayang pada jam dan hari tertentu. Tapi kebanyakan di hari minggu. Ada yang tayang di Indosiar, TV7, Lativi, RCTI, SCTV, Spacetoon, TVRI, dsb. Sebenernya gak cuman 50 anime sih, masih banyak anime lainnya yang tayang di TV Indonesia. Tapi cukup nostalgia 50 anime aja ya yang kita bahas kali ini.

Apa sajakah anime-anime tersebut?  yuk kita simak berikut ini:

1.       Digimon
Image Source

Digimon adalah anime nomor satu favoritku! Ada banyak seri Digimon, mulai dari Digimon Adventure 1 , Digimon Adventure 2, Digimon Tamers, Digimon Frontier, Digimon Savers, Digimon Xros Wars/Fusion, dan yang terbaru tahun 2015 adalah Digimon Adventure Tri. Favoritku adalah DA 1 dan DA Tri yang tokoh utamanya ada Taichi, Yamato, Sora, Mimi, Joe, Hikari, dan Takeru. Mereka berpetualang bersama partner digimon mereka yaitu Agumon, Gabumon, Pyomon, Palmon, Gomamon, Tailmon dan yang paling lucu si Patamon!
Digimon sendiri adalah singkatan dari Digital Monster yang mana memang tema dari anime ini adalah tentang monster-monster dari dunia digital. Uniknya semua nama karakter monster disini pasti diakhiri dengan kata “MON” . Itu ciri khasnya. Menurut Wikipedia, Digimon diciptakan oleh Akiyoshi Hongo dan pertama kali di rilis tahun 1997 dalam bentuk game Tamagochi, dan mulai dijadikan serial TV pada tahun 1999 dengan judul Digimon Adventure / Digimon : Digital Monster (Season 1).
As a Digimon lover at that time, selain dari mantengin animenya di Indosiar tiap hari minggu pagi, aku juga dulu selalu ngoleksi barang apapun yg ada kaitannya sama Digimon (meskipun gak banyak sih). Dimulai dari action figure, DVD, poster, majalah, sticker, gantungan kunci, baju, dsb. Sayangnya seiring waktu barang-barang itu mulai hilang karena kurangnya perawatan, renovasi rumah, surutnya masa-masa Digimon dan aku yang tidak tinggal lagi di rumah setelah masa SMP. Tapi itu gak menurunkan rasa cintaku pada Digimon sampe sekarang. Pokonya digimon akan selalu ada di hati ~ ~

2.       Doraemon
Image Source

Anime sepanjang masa. Siapa coba yang gak kenal Doraemon sama kantong ajaibnya. Apalagi baling-baling bambu sama pintu kemana aja yang bisa bikin kita berkhayal kesana kemari.
Serial Doraemon sampe sekarang masih suka ada di RCTI. Termasuk anime yang paling awet ada di TV Indonesia. Dan dari dulu juga tokoh Nobita segede gitu aja gak tua-tua ya awet muda banget hehe. Tapi di filmnya yang berjudul Stand By Me tahun 2014, kita sempet tahu ending Doraemon itu kaya gimana. Yang akhirnya kita tahu Nobita dewasa menikah dengan Sizuka. Anyway Doraemon diciptakan oleh Fujiko F.Fujio pada tahun 1973. Saking terkenalnya kalo gak salah Doraemon dijadikan salah satu maskot/duta besarnya Jepang lho. Ada juga museum khusus bertema Doraemon di Jepang dg nama Museum Fujiko F.Fujio sebagai bentuk perhargaan atas karya tersebut.



3.       Sailor Moon
Image Source

Sailor Moon merupakan anime bergenre Mahou Shoujo yang mana karakter utamanya merupakan cewe-cewe yang dapat berubah dengan kekuatan sihir. Sempat tayang di Indosiar tiap hari minggu jam 7 pagi. Sailor Moon pertama kali di rilis sebagai komik berseri pada majalah komik Nakayoshi pada tahun 1991. Dan baru pada tahun 1992, oleh Toei Animation dia dijadikan anime yang tayang series di TV. Sailor Moon juga mendapatkan remake pada tahun 2012 dengan judul Sailor Moon Crystal. Dan disini animasinya udah bagus banget dibanding dengan generasi pertamanya. Untuk plot cerita, singkatnya Sailor Moon mengisahkan seorang gadis bernama Usagi Tsukino yang suatu hari mendapat kekuatan bulan dari seekor kucing bernama Luna sehingga dia bisa berubah menjadi Sailor Moon, Usagi bersama teman-temannya yaitu Amy (Sailor Mercury), Rei (Sailor Mars), Makoto (Sailor Jupiter) dan Minako (Sailor Venus), mempunyai misi untuk menemukan Legendary Silver Crystal dan juga menemukan Putri Serenity yang ternyata adalah si Usagi itu sendiri. Di akhir-akhir tokohnya terus bertambah, Ada Sailor Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto, Chibi moon, Chibi-chibi, dll. Anime ini juga dibumbui dengan kisah cintanya Usagi sama Mamoru yang merupakan reinkarnasi Prince Endymion. Sebenernya setelah ku tonton ulang ini tuh agak lebay ya, si Usagi itu kan ceritanya masih SMP 14 tahun, dan Mamoru juga masih SMA. Tapi cinta mereka udah kaya sehidup semati wkwk. Even mereka berdua emang sebenarnya adalah reinkarnasi dari Serenity dan Endymion. Tapi tetep aja kisah cinta mereka tuh menurutku drama banget. But, it’s a part of creativity and it’s still amazing right?.. Hoho..

4.       Dragon Ball
Image Source

“Ka.. Me.. Ha.. Me.. Ha.. !!” Tau dong ini jurusnya siapa?? Yap Goku!
Dragon Ball di ciptakan oleh Akira Toriyama dan pertama kali dirilis tahun 1984 dengan bentuk Manga/Komik Jepang. Selain diadaptasi menjadi serial anime, Dragon Ball juga udah ada beberapa versi film Life Action nya yang dibikin versi china, korea, dan barat. Inti dari cerita Dragon Ball sendiri sebenernya nyeritain tentang 7 buah bola ajaib yang apabila ketujuh bola tersebut disatukan, maka akan memunculkan jiwa naga Shen Long yang mana dapat mengabulkan satu permintaan. Karakter utamanya bernama Son Goku yang sebenarnya mahluk dari luar bumi dan pada bulan purnama dia bisa berubah jadi gorila raksasa. Cerita Dragon Ball ini cukup panjang juga karena versi lanjutannya setelah Goku mati (tapi bisa hidup lagi :v) dilanjut dengan nyeritain anak si Goku, yaitu Son Gohan. Tapi intinya masih sama aja sih tentang bola naga nya itu sendiri dan infasi mahluk luar bumi yang membuat kekacauan. Dragon Ball dulu tayang di Indosiar kalo gak salah tiap jam 8.30 pagi hari minggu.

5.       Detective conan
Image Source

Shinichi Kudo!! Itu nama aslinya Conan. Dulu anime ini sering tayang di Indosiar dan nyeritain tentang murid SMA sekaligus detektif muda bernama Shinichi Kudo yang suatu hari dia diracuni oleh penjahat sehingga tubuh dia menyusut jadi anak kecil dan memiliki identitas baru bernama Conan Edogawa. Selama jadi Conan, dia selalu membantu Kogoro Mouri secara diam-diam untuk memecahkan suatu masalah. Kogoro Mouri sendiri adalah seorang detektif yang merupakan ayah dari Ran Mouri yaitu gadis yang disukai Shinichi. Dan pada keluarga itu lah untuk sementara Conan menitipkan hidupnya sebagai anak kecil. Kadang ya aku kalo nonton Conan suka takjub dengan trik-trik si penjahat dalam nutupin kasusnya. Dan secermat itu si Conan bisa mecahin kasus tersebut. Pokonya sih ini anime detektif terbaik menurutku. Komik Conan di ciptakan oleh Gosho Aoyama dan rilis pertama tahun 1994.

6.       Wedding Peach
Image Source
Komik Wedding Peach rilis tahun 1994 dan jadi anime tahun 1995an. Dulu tayang di Indosiar. Anime ini bertema tentang cinta dan nyeritain 3 orang cewe yang mendapat kekuatan dari Dewi Aphrodite dan bisa berubah menjadi fighter angel. Tokoh jahat di cerita ini bertujuan untuk menghilangkan cinta dari muka bumi. Ketiga tokoh utamanya bertugas untuk melawan si jahat itu dengan kekuatan cinta. Tiga tokoh utama dalam cerita ini adalah Momoko yang berubah jadi Angel Peach, Yuri yang berubah jadi Angel Lily, dan Hina yang berubah jadi Angel Daisy. Diakhir-akhir anggotanya nambah satu lagi yaitu Scarlet O’Hara yang jadi Angel Salvia. Ketika berubah, pertama-tama mereka akan jadi angel yg memakai Wedding Dress alias baju pengantin, lalu setelah itu mereka akan berubah lagi dengan pakaian siap tempur. Jadi ada dua kali perubahan gitu. Kalo dipikir-pikir ribet juga ya wkwk. Tapi karena memang ini anime bertema cinta, makanya mereka berubah dulu dengan Wedding Dress yang katanya melambangkan cinta itu sendiri. Mereka juga punya cowok-cowok taksirannya masing-masing yang menambah kekuatan cinta mereka makin kuat. Cie cieee..

7.       Gundam
Image Source
Jujur aku kurang ngikutin Gundam. Tapi Gundam adalah salah satu anime yang emang tayang di Indosiar tiap hari minggu. Cuman dulu tiap ada gundam, biasanya channel nya aku pindahin atau kalo lagi ada sepupu-sepupuku, dia suka ngambil alih TV buat nonton gundam, palingan akunya pergi main diluar hehe. Gundam di rilis tahun 1979an. Tapi tentunya tayang di Indosiar sekitar tahun 2000an (kayanya tayang abis Digimon kalo gak salah). Aku lupa deh. Di dalam ceritanya, Gundam adalah nama dari robot atau suatu mecha. Mecha ini robot berukuran raksasa dan dijalanin sama pilot. Mirip-mirip kaya robot raksasanya power ranger. Gundam itu banyak banget seriesnya. Dan aku gatau series mana yang pernah tayang di Indosiar. Gundam juga ada mainan robot-robotannya. Biasa disebut Gunpla. Dan itu ngerakit sendiri gitu biasanya. Temen-temenku banyak yang ngoleksi Gunpla. Fyi harga Gunplanya juga rata-rata lumayan mahal kalo menurutku. Biasanya temen-temen beli yang impor atau pas kebetulan lagi pergi ke Jepang. Gundam juga ada cafenya di Akihabara, Tokyo lho. Persis banget sampingnya AKB48 café. Dan ada juga cafe yang di Odaiba lengkap sama patung raksasanya yang keren banget.

8.       Yugi Oh
Image Source
Yugi Oh sempat tayang di RCTI. Lagi-lagi dulu aku gak ngikutin anime ini karena kurasa waktu itu kurang menarik. Tapi kalo sekarang aku baca-baca lagi komiknya sebenernya sangat menarik. Yugi Oh ini diadaptasi dari komik dan menceritakan tentang permainan kartu, duel dan sihir, mirip-mirip kaya duel master gitu. Dan yang bikin kerennya lagi, konsep dari Yugi oh ini ala-ala Mesir kuno gitu. Tokoh utamanya adalah Yugi Mutou. Dia punya dua kepribadian yaitu Yugi Mutou yang biasa dan Yami Yugi yang lebih berkesan serius. Yami Yugi ini pada awalnya muncul setelah dirasuki semacam kekuatan gelap yang tersegel dari Milleniun Puzzle yg berhasil digabungkan. FYI Millenium Puzzle adalah salah satu dari 7 Millenium item yang memiliki kekuatan besar di dunia Yugi Oh. Oh ya, kartu-kartu dalam anime Yugi oh itu gak cuman ditonton di anime doang lho. Karena emang aslinya kartu-kartu itu di buat di dunia nyata untuk permainan duel kartu sama kaya di anime nya. Beda nya ga ada efek sihir-sihir yang keluar ya. Tapi permainannya bener-bener butuhin strategi!

9.       Soreike! Anpanman
Image Source
 
Anpanman adalah salah satu anime super hero yang kala itu katanya terkenal banget di buku anak-anak di Jepang. Kalo di Indonesia dia pernah tayang di Indosiar. Anpanman nyeritain tentang superhero yang sebenernya terbuat dari makanan. Mereka bertugas untuk melawan kejahatan yang dalam ceritanya disebut Baikinman yang terbuat dari kuman. Dalam ceritanya, si Anpanman diciptain sama Uncle Jam dan dibantu oleh asistennya yaitu Batako san (bukan batu Batako lho ya). Kalo dari nama, Anpanman berasal dari kata Anko (あんこ) dan Pan (パン). Anko artinya selai kacang merah dan Pan artinya roti. Jadi Anpanman itu intinya roti yang berisi selai kacang merah atau di Jepang suka disebut dengan “Anpan”. Temen-temen si Anpanman juga kebanyakan dari makanan juga, ada Currypanman (roti kare), Shokupanman (roti tawar), Meronpanna (roti melon) dll gemes-gemes pokonya.

10.   P-man
Image Source
 
Pengarang P-Man adalah pengarang yang sama yang menciptakan Doraemon yaitu duo Fujiko F.Fujio. P-Man dulu tayang di RCTI tiap hari minggu jam 07.30. Ceritanya tentang seorang anak SD bernama Mitsuo yang diberi jubah dan topeng oleh Bird man dari luar bumi. Jubah dan topeng itu, akan membuat pemakainya berubah menjadi superhero P-Man dan memiliki kekuatan super untuk menumpas kejahatan. Selain dikasih jubah dan topeng, Mitsuo juga dikasih sebuah boneka yang kalo di klik hidungnya, boneka itu akan berubah jadi duplikat orang tersebut. Jadi ada saat dimana Mitsuo harus membagi tugas antara sekolah dan menumpas kejahatan. Dalam hal ini Mitsuo sering memanfaatkan boneka tiruan untuk menggantikan salah satu tugasnya. P-Man punya rekan sesama superhero yaitu P-Girls, Bobby (monyet super), dan Fat-Man.
Kalau di kehidupan sekolahnya, Mitsuo juga punya beberapa teman lho, kaya Michan, Kabao, dll.
Masih ingetkah sama lagu P-Man?
“ Mari... kita bersahabat.. menyatukan hati dan hati.. dan bersama-sama terbang ke angkasa.. dengan hati riang ke langit itu.. P-Man P-Man P-Man.. namanya P-man P-Man.. “

11.   Pokemon
Image Source
Kalo aku sendiri sih taunya Pokemon itu pas udah tayang di SCTV tahun 2001an kalo gak salah. Dan itu jam tayangnya malem dong, sekitar jam 7an. Malem minggu. Sampe inget banget aku rebutan channel sama keluarga yang pengen nonton Mak Lampir -__- huffttt. Tapi jauh sebelum itu Pokemon awalnya adalah sebuah video games. Seriesnya dimulai dari Pokemon Red & Green. Pada tau dong ya Pokemon nyeritain apa. Pokemon singkatan dari Pocket Monster. Monster yang bisa di masukin saku. Yak, emang ceritanya tentang monster yang bisa dimasukin kedalam sebuah ball dan ball itu bisa jadi kecil sehingga bisa masuk saku. Tokoh utama dalam cerita pokemon adalah Satoshi atau Ash Ketchum dalam versi inggris (setauku versi Indonesia namanya ‘Ali’ kalo gk salah ya). Terus ada Brock (Takeshi) dan Misty (Kasumi) dan tentunya maskot si Pokemon itu sendiri adalah Pikachu! Satoshi memiliki cita-cita untuk menjadi Pokemon Master, jadi ini nyeritain petualangan Satoshi dan Pikachu untuk meraih gelar tersebut. Kalo ngomongin soal villain disini, sudah pasti kalian tau dong si tim konyol Tim Rocket Musashi (Jessie), Kojiro (James) dan si Meowth. Mereka selalu berusaha buat nyuri Pikachu tapi gak pernah sukses dan ujung-ujungnya selalu terlempar jauh sampai jadi bintang di langit hahaha.

12.   Himitsu no Akko Chan
Image Source
Masih inget sama Akko chan? Anime ini menurutku agak mirip-mirip temanya sama Minky Momo dan Creamy Mami. Akko chan karya Fujio Akatsuka ini rilis sebagai komik di Jepang tahun 1962 dan dijadikan anime tahun 1969. Ceritanya tentang seorang anak perempuan bernama Akko. Sedikit share info aja nih ya bagi yang belum tau. Mungkin teman-teman pernah denger kata “San, Kun, Chan” diakhir nama orang Jepang. Istilah itu disebut dengan Setsubi atau suffix atau akhiran dalam bahasa Jepang. Artinya kurang lebih mirip dengan awalan Mr dan Mrs atau Tuan dan Nyonya. Chan disini adalah suffix yang biasanya dipake untuk anak-anak, kaya disini Akko chan, atau ada juga Maruko chan dan Shin Chan. Mungkin kalo diartiin bahasa indonesia jadi kaya Adek ya. Dek Akko, Dek Maruko, atau Dek Shin.
Kembali ke cerita Akko chan, Akko chan bernama asli Atsuko Kagami. Kagami sendiri dlm bahasa Jepang artinya Cermin. Awalnya Akko chan punya sebuah cermin pemberian ayahnya yang sangat ia sayang  tapi suatu hari cermin itu rusak sehingga Akko chan sangat sedih. Akko chan menguburkan cermin rusak itu di halaman rumahnya. Dalam sebuah mimpi, Akko chan didatangi arwah dari cermin yang rusak itu dan karena perilaku Akko chan yang baik dalam merawat cermin tersebut, arwah cermin memberikan sebuah cermin ajaib kepada Akko chan yang dapat digunakan untuk berubah menjadi apapun yang dia inginkan. Inget banget mantra yang buat berubahnya adalah “Tekumaku mayakon tekumaku mayakon rubahlah aku menjadiii……. “ dan untuk kembali ke semula membaca mantra  “Lamipas lamipas lu lu lu lu lu”

13.   Tokyo mew mew
Image Source
Tokyo Mew Mew dulu tayang di SCTV. Anime yang diadaptasi dari komik ini nyeritain 5 orang gadis yang disuntikan DNA hewan-hewan langka sehingga mereka akhirnya bisa berubah jadi mahou shojo dan punya kekuatan dari hewan-hewan tersebut. Misi mereka adalah memberantas kejahatan para alien yang ingin menguasai bumi. Tokoh utamanya adalah Ichigo Momomiya yang jadi pemimpin Tokyo Mew Mew. Dia punya kekuatan Kucing Iriomote. Teman-temannya yang lain adalah Minto Aizawa (kekuatan burung Lorikeet), Lettuce Midorikawa (kekuatan lumba-lumba Finless Porpoise), Pudding Fong (kekuatan monyet Golden Lion Tamarin), dan Zakuro Fujiwara (kekuatan Gray Wolf). Di series lanjutannya Tokyo Mew Mew A La Mode, karakternya bertamba satu yaitu Berry Shirayuki yang punya kekuatan dari dua DNA sekaligus yaitu Andean Mountain Cat dan Amami Rabbit.

14.   Hamtaro
Image Source
“Tu ku tuk.. Hamtaro tidur, Hamtaro tidur dimana saja. Apa yang.. paling dia senangi.. biji bunga matahari....Ya.. Hamtaro tidur…” masih inget lirik lagu itu? lirik lagu opening Hamtaro di RCTI tiap hari minggu. Nostalgia banget di tahun 2001an. Hamtaro adalah anime tentang para hamster peliharaan yang penasaran akan petualangan dan diam2 mereka punya perkumpulannya sendiri dibawah tanah. Jadi suka pada kabur gitu kalo pemiliknya lagi ga ada. Tokoh utamanya bernama Hamtaro, si hamster lucu yang ada corak orange nya. Ada juga si Bos, hamster yang jadi ketua perkumpulan, lalu ada Ribbon si hamster putih yang cantik berpita, dan masih banyak lagi hamster lainnya. Pokonya kalo nonton hamtaro tuh suka gemes sendiri. Lucu-lucu semua sampe di kehidupan nyata memotivasiku untuk melihara hamster lho.. Hamster pertamaku namanya Oberon yang kabur entah kemana kayanya ngikutin perkumpulan si Hamtaro deh.. haha

15.   Astro Boy
Image Source
Astro Boy adalah anime yang diadaptasi dari komik tahun 50an dan dijadikan anime tahun 60an. Kalo di Indonesia, animenya pernah tayang di RCTI tahun 90an. Awalnya sih agak sedih ya, jadi Astro boy ini adalah robot anak laki-laki yang diciptain sama Doctor Tenma, seorang kepala kementrian science yang baru saja kehilangan anak semata wayangnya yg bernama Tobio karena kecelakaan mobil. Aku mau cerita ala-ala narator nih ya Wkk. Doctor Tenma menciptakan Astro boy semirip mungkin dengan Tobio untuk menutupi rasa dukanya. Awalnya memang dia menyayangi Astro seperti anaknya sendiri. Tapi seiring waktu, Doctor Tenma sadar kalau robot ya robot, tidak akan bisa menggantikan manusia dan tidak akan tumbuh dewasa. Sehingga akhirnya Doctor Tenma menjual Astro ke sebuah sirkus robot dan setelah itu Doctor Tenma mengundurkan diri dari kementrian. Di tempat sirkus, Astro diberlakukan gak layak, dijadikan budak, dan disuruh battle antar robot kaya gladiator (berhubung Astro emang sebenernya robot yang kuat ya). Sampai akhirnya seorang kepala kementerian baru yang bernama Prof. Ochanomizu membuat peraturan baru tentang robot yang punya hak hidup sama kaya manusia dan meminta Astro Boy untuk dibebaskan dari tempat sirkus. Semenjak itu, Astro Boy ada dalam naungan Prof.Ochanomizu dan bebas menjalani hidup seperti manusia. Astro Boy juga memiliki misi untuk membasmi kejahatan dan menjaga kedamaian dunia.

16.   Chibi Maruko chan
Image Source
Seperti yang udah pernah aku bahas diatas kalo “Chan” itu adalah kata akhiran dalam bahasa Jepang untuk anak-anak. Dan “Chibi” itu artinya kecil. Jadi Chibi Maruko Chan bisa diartiin Little Maruko atau sikecil Maruko kali ya kalo bahasa Indonesianya. Maruko chan dulu sering tayang di RCTI tahun 90an. Tapi sampai sekarang, beberapa hari lalu aku nonton TV dan nemuin Maruko tayang lho (kalo gak salah) di RTV. Nostalgia banget liat kepolosan Maruko! Wkwk. Maruko bernama asli Sakura Momoko, yang mana ini adalah nama dari pengarangnya itu sendiri. Jadi cerita Chibi Maruko Chan ini terinspirasi dari daily life penulisnya. Maruko tinggal sama ayah, ibu, kakak perempuan, kakek, dan neneknya. Diceritain kalo dia masih kelas 3 SD dan berumur 9 th an. Rata-rata ceritanya tentang kehidupan dia dikelas sama teman-temannya, dan kehidupan dia dirumah sama keluarganya. Kadang suka gak akur gitu sama kakanya wkwk.
……Hal yang menyenangkan hati banyak sekali bahkan kalau kita bermimpi….
……Sekarang ganti baju agar menarik hati ayo kita mencari teman…..
Lanjut pan kapan aja yaaa nyanyinyaaa… :P

17.   Cardcaptor Sakura
Image Source
Serial Cardcaptor Sakura pernah tayang di TPI dan RCTI. Bercerita tentang seorang gadis bernama Kinomoto Sakura yang gak sengaja membuka sebuah buku di perpustakaan rumahnya yang berisi Clow Card. Clow card sendiri kalo menurutku mirip-mirip kaya kartu tarot. Disini diceritain kalo Clow Card diciptain sama Clow Red dan tiap kartu mengandung spirit power. Saat Sakura membuka buku Clow Card, semua Clow Card berhamburan keluar dan tersebar ke penjuru kota dengan wujud spirit. Spirit clow card ini sifatnya rata-rata jadi liar dan pengacau. Sakura pun ditugaskan untuk mengumpulkan kembali semua kartu itu oleh Cerberus, sosok penjaga Clow Card yang keluar dari buku juga. Cerberus ini berwujud asli Singa tapi berubah jadi wujud kecil karena dia kehilangan banyak power saat semua kartu lepas. Dan Sakura suka manggil dia Kero chan. Imut sih emang versi kecilnya. Hahaha. Sakura juga dibekali sebuah tongkat yang bisa berubah jadi bentuk kunci kecil yang berfungsi untuk menyegel spirit clow card untuk kembali menjadi Clow card untuk dikumpulkan. Inti dari cerita ini adalah petualangan Sakura buat ngumpulin lagi semua clow card. Dia dibantu sama temannya Daidouji Tomoyo yang suka bikinin kostum keren dan ngerekam aksi Sakura, dan Syaoran Li murid baru yang pada awalnya dia juga bertujuan mengumpulkan clow card tapi lama-lama dia suka sama Sakura dan akhirnya nyerahin semua kartu yang dia punya ke Sakura.

18.   Ninja Hatori
Image Source
“Mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke Samudera. Bersama teman bertualang…..” Ahhh.. kangen banget ga sih sama Ninja Hatoriiii.. anime yang rilis di Jepang tahun 1981 ini dulu sering tayang di Indosiar tiap minggu pagi. Btw pengarangnya adalah Fujiko A. Fujio yang merupakan teman atau partner kerja Fujiko F.Fujio si pengarang Doraemon (Fujiko F. Sama Fujiko A itu beda orang lho ya). Ninja Hatori nyeritain tentang seorang ninja muda bernama Hatori yang selalu membantu orang yang membutuhkan. Dalam cerita ini Hatori lebih sering berurusan sama masalahnya si Kenichi. Mirip-mirip cerita Doraemon. Ibaratnya Hatori tuh Doraemon nya. Dan Kenichi tuh Nobitanya.

19.   Ninja Rantaro
Image Source
Ninja Rantaro kayanya pernah tayang di Indosiar deh. Kalo gak salah di Indonesia namanya jadi Ninja Boy. Aku jarang nonton Ninja Rantaro. Hanya pernah beberapa kali dan bagiku dia sedikit mirip Ninja Hatori karena sama-sama bertema Ninja. Ceritanya juga tentang daily life si tokoh utamanya yaitu Rantarou. Dia seorang murid baru di sekolah Ninja dan punya dua orang teman sepermainan. Selebihnya aku kurang tahu tentang Ninja Rantaro ini. Maaf ya teman-teman..

20.   Let’s & Go
Image Source
Waah anak-anak cowok pasti tau nih. Tamiya! Yak, siapa coba yang gak tau tentang anime yang mainannya hits banget ditahun 2000an. Let’s & Go tayang di RCTI jam 7 tiap hari minggu. Anime  ini nyeritain tentang 2 orang kakak beradik yaitu Go Seiba dan Retsu Seiba sebagai pembalap mobil mainan yang dinamai Tamiya. Pas jaman boomingnya anime ini, di pasaran banyak banget yang jual mainan mobil Tamiya. Dan hampir semua temen-temenku di jaman itu pada punya Tamiya termasuk aku. Kadang-kadang kita suka balapan di lapangan tempat jemur padi depan rumah haha. Bahkan banyak orang lain yang punya lintasan balap nya sendiri untuk main Tamiya ini. Seru banget deh pokonya.

21.   Beyblade
Image Source
Beyblade ini hampir sama kaya Let’s & Go, pernah tayang di RCTI dan sama-sama nyeritain tentang mainan. Bedanya dia nyeritain tentang gasing yang dinamai Beyblade. Tokoh utamanya adalah Takao Kinomiya seorang anak laki-laki pengguna Beyblade dan suka mengikuti turnamen-turnamen beyblade demi menjadi pemain beyblade dunia. Selain mainan Tamiya yang pernah booming, gasing Beyblade juga gak kalah hits nya. Aku dulu suka main adu gasing ini sama temen-temen. Kalo di animenya kan arena beyblade yang cekung itu gede ya, tapi kalo aku paling cuma butuh baskom aja buat arena nya wkwk. Kadang kita mainan di lapangan datar tapi ya Beylade nya jadi gak saling adu senggol alhasil cuman adu siapa yang paling lama berputar haha.

22.   Inuyasha
Image Source
Akhir-akhir ini aku lagi sering puterin Soundtracknya opening Inuyasha yang Change the World by V6. Inuyasha adalah salah satu anime favoriteku juga. Dulu sering tayang di Indosiar tahun 2000an. Anime ini nyeritain tentang seorang gadis yang bernama Kagome. Dia tak sengaja masuk ke masa lalu melalui sumur tua di sebuah kuil kuno keluarganya. Di dunia baru itu dia bertemu dengan manusia setengah siluman bernama Inuyasha yang tersegel oleh sebuah anak panah. Anak panah tsb adalah milik Kikyo, seorang pendeta wanita tingkat tinggi dan segel anak panah tsb hanya bisa dilepas oleh orang yang setara dengan Kikyo. Pada saat itu, Kagome tanpa sengaja mampu melepas segel anak panah tsb dan melepaskan Inuyasha yang awalnya kurang bersahabat. Diketahui ternyata Kagome sendiri adalah reinkarnasi dari Kikyo di masa lalu. Selain seorang pendeta tingkat tinggi, Kikyo juga adalah penjaga/pemilik dari bola kristal empat arwah yang memiliki kekuatan besar. Saat Kikyo meninggal, bola kristal empat arwah ikut dibakar bersama dengan tubuh Kikyo. Ternyata bola kristal empat arwah tersebut sekarang ada di dalam tubuh Kagome. Singkat cerita ada iblis yang tak sengaja menghancurkan kristal itu saat di ekstrak dari tubuh Kagome. Lalu pecahan kristal tersebut menyebar ke segala penjuru wilayah. Kagome dan Inuyasha, dibantu teman-temannya yang lain memiliki misi mengumpulkan pecahan kristal itu.

23.   Crayon Shin Chan
Image Source
Shin chan bernama asli Shinnosuke Nohara. Sama kaya Maruko chan dan Akko chan. Chan dalam kata Shin chan adalah sufix/akhiran untuk anak-anak. Jadi namanya itu “Shin” kepanjangan dari Shinnosuke. Anime Shin chan sering tayang di RCTI. Ceritanya tentang daily life anak TK yaitu Shin chan. Dia tinggal sama ibu, ayah, adik perempuan dan anjing peliharaan bernama Shiro. Dia juga punya banyak teman di sekolah TK nya. Shin chan ini menurutku karakternya kocak, aneh, sok dewasa, cerdas, mesum juga kadang-kadang. Hahaha. Dia paling suka nonton serial pahlawan bertopeng yang gaya tangannya khas itu lho…

24.   Saint Seiya
Image Source
Anime ini pernah ku tonton di Indosiar. Gak terlalu ngikutin bgt sebenernya. Yang jelas ceritanya tentang para ksatria yang disebut Saint, mereka memiliki kekuatan armor dari rasi bintang dan bertugas untuk melindungi Saori, seorang perempuan reinkarnasi dewi Athena. Toko utamanya adalah Seiya, seorang saint yang punya kekuatan rasi pegasus. Yang aku suka adalah tema tentang rasi bintangnya itu lho. Dan bentuk armor masing-masing karakter yang berdasar dari simbol rasi bintangnya. Keren. 

25.   Hunter x Hunter
Image Source
Hunter x Hunter nyeritain tentang petualangan Gon. Seorang anak laki-laki yang ingin menjadi seorang hunter dan mencari ayahnya yang hilang dalam pencarian (karena ayahnya adalah seorang hunter yang sedang dalam misi). Hunter dalam cerita ini semacam profesi untuk menemukan hal apapun baik harta karun, orang, tempat, hewan langka, dll.

26.   Ask Dr.Rin!
Image Source

Seingetku ini anime tayang di SCTV dan bertemakan tentang Fengshui. Karakter utamanya adalah si Meilin (Meirin) dia punya kekuatan Fengshui untuk meramal masa depan, keberuntungan, dan hal lainnya dengan menggunakan papan Fengshui. Kemudian untuk membantu orang-orang, dia membuat sebuah Website "Ask Dr.Rin" dengan nama samaran dia adalah Dr.Rin. Dari Website inilah dia suka menolong orang-orang yang memerlukan bantuannya.

27.   Bakugan
Image Source

Anime Bakugan tema-nya mirip-mirip kaya Duel Master. Tapi yang di duelin adalah Bakugan nya itu sendiri. Bakugan itu berbentuk kaya bola kecil yang bisa berubah bentuk jadi robot monster. Lalu dalam filmnya, bentuk robot monster yang kecil tersebut beneran bisa berubah jadi monster gede untuk bertarung di arena Bakugan. Dulu mainan Bakugan sempet hits lho. Emang lucu sih, mainan bola-bola kecil kaya kelereng tapi bisa berubah form jadi robot-robotan.

28.   Midori no Makibao
Image Source
Yang aku inget banget dari Makibao adalah hidungnya yang bolong gede :D dan Soundtrack filmnya yang lucu. Makibao dulu tayang di Indosiar tiap minggu pagi. Bercerita tentang seekor keledai (?) bernama Midori Makibao yang ingin jadi kuda balap terhebat di dunia. Secara fisik, dia sama sekali gak cocok buat jadi kuda balap dibanding dengan kuda lainnya. Tubuhnya kecil putih kaya anak sapi, lubang hidung gede banget wkwk. Tapi semangat dan tekadnya Makibao bener-bener kuat sehingga dia sering menang dalam lomba pacuan kuda.

29.   Super Yoyo
Image Source
Iyak, sudah tau lah ya ini anime tema-nya apa. Apalagi kalau bukan Yoyo. Mainan berupa roda yang memiliki tali dan bisa ditarik-tarik dengan tangan. Dulu tayang di Indosiar. Tokoh utamanya adalah Shunichi Domoto yang bertekad untuk memenangkan kejuaraan yoyo di Jepang dan mengalahkan rivalnya Seito Hojoin. Dari anime ini kita juga jadi tahu kalo permainan yoyo itu banyak tekniknya dan keren-keren untuk dilihat.

30.   Dr. Slump
Image Source
Ini anime yang penciptanya sama dengan Dragon Ball dan Blue Dragon. Kayanya sempet tayang di Indosiar deh. Kurang ngikutin. Dr.Slump adalah karakter utama seorang ilmuan yang nama aslinya adalah Senbei Norimaki. Dia nyiptain robot anak perempuan lucu bernama Arale yang punya kekuatan super. Inti ceritanya adalah tentang petualangan dan daily life nya Arale dan Dr.Slump.

31.   Kobo chan
Image Source
Kobo chan adalah anime yang diadaptasi dari komik berjudul sama. Pernah tayang di RCTI dan bercerita tentang daily life seorang anak laki-laki usia 5 tahun bernama Kobo Tabata yang tinggal bersama keluarganya. Animenya lucu dan banyak terdapat komedi di dalamnya.

32.   Duel Master
Image Source
Duel Master dulu tayang di Indosiar. Anime ini bertemakan tentang permainan kartu. Mirip-mirip kaya Yugi Oh. Karu-kartu yang dimainkan bisa memunculkan kekuatan dan wujud berbagai monster untuk bertarung dengan sesama monster dari pemain kartu lain. Tokoh utamanya dalah anak laki-laki bernama Shobu. Dia punya cita-cita untuk menjadi Duel Master seperti ayahnya.

33.   Daisuki ! Hello Kitty 
Image Source
Hello Kitty mungkin kalian pada taunya banyak dipakai buat ikon atau francaise dari sebuah produk. Tapi jangan salah, Hello Kitty pernah ada loh animasinya. Jadi aku pernah nonton di TV entah stasiun apa. dan sebenernya "kalo gak salah" gak ada percakapan dalam animenya. Jadi kaya mirip-mirip Shaun the Sheep gitu ga ada dialog jelasnya. Agak sepi memang. Tapi lucu nyeritain daily life. Memang episode anime nya gak banyak jadinya gak banyak orang tau juga mungkin.

34.   Powerpuff Girls Z
Image Source
Temen- temen mungkin tau ya kartun Powerpuff Girls. Itu adalah animasi kartun superhero dari Amerika. Bercerita tentang 3 anak cewe yang bisa berubah jadi superhero dan bertugas membasmi kejahatan dengan kekuatannya masing-masing. Nah.. kalo Powerpuff Girls Z ini beda lagi, dia dibuat di Jepang dan merupakan spin off dari Powerpuff Girls yg versi kartun Amerika. Tokohnya sama, yang beda adalah mereka tampak sedikit dewasa dalam series ini.

35.   Pretty Cure
Image Source
Pretty Cure pertama kali ditayangin di RCTI tahun 2005an. Pretty Cure sendiri adalah anime Mahou Shoujo yang konon katanya paling banyak banget tokoh Mahou shoujo nya. Karena emang setau aku sih seriesnya banyak banget. Pernah liat-liat di Youtube dan emang banyak banget karakternya. Tapi yang pernah tayang di RCTI itu yang series pertama yang Mahou shojo nya hanya berdua, black and white. Para Pretty Cure ini adalah para gadis yang bisa berubah dengan kekuatan sihir untuk membasmi segala kejahatan di muka bumi.

36.   Blue Dragon
Image Source
Blue Dragon tayang di Indosiar sekitar jam 10an hari minggu. Ini pas awal-awal aku SMA sih berati 2008an kali ya. Karakter utamanya adalah seorang anak laki-laki bernama Shu. Saat itu dunia dilanda kekacauan karena serangan raja iblis bernama Nene. Shu pun kehilangan orang tuanya. Dia bertekad untuk mengalahkan Nene. Dalam perjalanannya dia bertemu dengan Kluke, Jiro, Marumaro, Bouquet dan Zola yang mengajarkan kekuatan bayangan. Pada akhirnya masing-masing karakter memiliki bayangan yang dapat berubah menjadi sesosok monster untuk membantu dalam pertarungan. Bayangan milik Shu sendiri berwujud naga biru yg katanya sih paling kuat. That’s why judulnya Blue Dragon. Kalo gak salah pencipta dari Blue Dragon ini sama dengan yang nyiptain Dragon Ball deh..

37.   Magical Doremi
Image Source
Magical Doremi pernah tayang di SCTV tahun 2004. Judul aslinya Ojamajo Doremi. Menceritakan tentang seorang anak perempuan yang masih SD bernama Doremi. Suatu hari dia pergi ke sebuah toko yang ternyata milik seorang penyihir bernama Majorika. Tanpa sengaja, Doremi mengetahui identitas asli Majorika. Dan karena ketahuan, Majorika akhirnya terkena semacam kutukan (?) yang merubahnya jadi kodok. Jadi katanya sih seorang penyihir itu tidak boleh diketahui identitasnya oleh manusia biasa. Untuk dapat kembali ke wujud aslinya, Majorika harus menjadikan Doremi seorang penyihir yang nantinya akan bisa menggunakan sihir untuk mengembalikan si Majorika. Dari sinilah petualangan Doremi dimulai sebagai calon penyihir. Dalam petualangannya, Doremi bersama dua temannya yaitu Hazuki dan Aiko yang sama-sama jadi calon penyihir juga.

38.   Captain Tsubasa
Image Source
Rata-rata anak cowo pada suka nonton anime satu ini. Captain Tsubasa adalah anime bertema sepak bola. Tokoh utamanya adalah seorang anak laki-laki 11 tahun bernama Tsubasa Oozora. Dia sangat suka sepak bola dan bercita-cita untuk jadi pemain sepak bola yang sukses dan menang di kejuaraan dunia. Tsubasa sama teman-temannya berusaha keras untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Anime ini dulu sering tayang di TV7.

39.   Minky Momo
Image Source
Minky momo rilis di Jepang tahun 1984. Di indonesia aku taunya dulu tayang di Lativi. Tapi kayanya pernah tayang juga di TVRI, RCTI, dan Spacetoon. Minky momo bercerita tentang sebuah negeri peri dilangit bumi bernama Fenarinarsa yang berkembang dengan kekuatan impian dan harapan dari umat manusia. Suatu ketika saat impian dan harapan mulai surut, negeri Fenarinarsa diambang kehancuran dan menjauh dari bumi sehingga raja dan ratu Fenarinarsa mengutus putrinya yang bernama Momo untuk turun ke bumi menyebarkan impian dan harapan. Momo tinggal bersama keluarga manusia biasa, ayahnya kalo gak salah dokter hewan dan Momo juga punya beberapa teman hewan yang suka membantunya. Momo dibekali kekuatan untuk bisa berubah menjadi wanita dewasa dengan berbagai profesi untuk membantu berbagai persoalan. Biasanya setiap momo membantu seseorang, kekuatan sihir di Fenarinansa akan bertambah dengan parameter menyalanya diamond yg berjejer pd sebuah mahkota. Sebenernya ending dari Minky Momo ini agak sedih ya soalnya ada scene dimana Momo tertabrak mobil dan meninggal. Namun “kayanya” Momo terlahir kembali sebagai seorang manusia biasa karena di scene akhir, Ibu manusianya melahirkan seorang anak bayi yang rambutnya pink kaya Momo. And anyway kalo gak salah Minky momo ini ada dua versi dimana yang satu lagi istana momo itu adanya di dasar laut dan bukan di atas langit.

40.   Rurouni Kenshin / Samurai X
Image Source
Samurai X pernah tayang di SCTV. Aku kurang ngikutin juga nih ya. Tapi judul aslinya Samurai X itu Rurouni Kenshin. Kalo “Rurounin” sih artinya pengembara. Entah sama atau tidak dg “Rurouni”. Yang jelas kalo Kenshin itu adalah nama tokoh utamanya. Himura kenshin. Seorang samurai yang ada bekas luka di pipinya bersimbol X, makanya disebut Samurai X. Latar ceritanya ada di Jepang jaman dulu dan itu sudah jelas juga bertema tentang samurai yang tentunya banyak scene adu pedang.

41.   Candy Candy
Image Source
Candy Candy diangkat dari komik dengan judul yg sama. Dijadiin animasi tahun 1976, tayang di RCTI tahun 2000an dan bergenre Shoujo banget! Tapi gak ada magic-magicnya. Aku pernah baca komiknya punya sepupuku tapi gak sampe tamat. Sebenernya ceritanya cukup menyedihkan sih, ini tentang seorang gadis bernama Candy yang yatim piatu dan awalnya tinggal di panti asuhan, punya temen namanya Annie tapi pisah karena Annie di adopsi. Trus Candy juga akhirnya di adopsi keluarga kaya tp dijadiin pembantu. Lalu dia ketemu sama Anthony, cowok yang ia suka dan selalu menolong tapi akhirnya Anthony meninggal dalam suatu tragedi. Dan masih banyak perjalanan sedih si Candy yang pada akhirnya Happy ending juga sih. Di RCTI pernah ada Sinetron yg diadaptasi dari cerita Candy ini dengan judul yg sama juga Candy. Diperankan sama Rachel Amanda, Lucky Perdana dll. Soundtrack sinetronnya inget banget “Bersama Bintang” by Drive.

42.   Crush Gear Turbo

Image Source
Anime tentang mainan mobil-mobilan yang rilis tahun 2001 ini mirip-mirip kaya Tamiya (Let’s & Go). Bedanya kalo crush gear lebih ke di adu ya mobilnya, bukan cepet-cepet melaju ke garis finish kaya Tamiya. Jadi di bagian depan mobil-mobilannya terdapat macam-macam aksesoris buat menyerang, ada yg kaya tank, bor, pedang dll. Kalo gak salah Crush Gear dulu tayang di Indosiar tiap jam 11 an. Mainan crush gear juga dulu sempat booming. Tapi kalo aku sih masih lebih suka Tamiya meskipun mainan crush gear juga bentuknya keren-keren.

43.   Dragon League
Image Source
Dragon League pertama rilis tahun 1993 dan merupakan anime bertema sepak bola. Dulu dia tayang di ANTV tiap mau magrib gatau hari apa wkk. Jadi suka setengah gitu nontonnya. Keburu magrib dan disuruh pergi mengaji. Aku sebenernya kurang suka tema2 sepak bola. Tapi aku suka banget sama Dragon League ini karena beberapa karakternya adalah dinosaurus dan hewan yang udah kaya manusia wkwk. Jadi lucu gitu ngeliatnya. Story nya juga bagus. Seru banget saat ngeliat tim hewan-hewan (ada manusianya juga sih) saling bertanding satu sama lain dengan jurus andalan di lapangan bola.

44.   Creamy mami
Image Source
Creamy mami pertama tayang di Jepang tahun 1983 dan di indonesia tayang di Lativi tahun 2000an. Termasuk dalam kategori Mahou Shoujo (gadis penyihir). Disini nyeritain karakter bernama Yu, bocah SD 10 tahun yang dapat kekuatan bisa berubah menjadi gadis 16 tahun bernama Creamy Mami yang merupakan seorang idol/penyanyi. Awalnya Yu melihat kapal luar angkasa yang melintasi langit rumahnya. Lalu karena penasaran, Yu pun mengikuti kapal tersebut dan singkat cerita dia dikasih kekuatan untuk berubah oleh mahluk luar angkasa yang ada di dalam kapal tersebut. Ceritanya cukup lucu sih ya. Creamy mami nya juga cantik dan seksi. Dia suka nyanyi di panggung portable bis miliknya :D

45.   The adventures of Hutch the Honeybee
Image Source
Mama… mama….
Dimanakah kau berada??
Hachi anak yang sebatang kara..
Pergi mencari ibunya…
Masih inget lagu itu? Hachi si lebah sebatang kara yang nyari-nyari emaknya? Kasian  ya kalo jadi Hachi. Tapi perjalanannya kaya akan petualangan dan pengalaman yang membuat Hachi jadi makin kuat tekad untuk nyari emaknya. Hachi ini dibikin jadi anime di Jepang tahun 1971 dan sempet ditayangin di TV7 thn 2002, Spacetoon thn 2005, dan RTV thn 2018 sampe skrg katanya (aku blm nonton lagi sih). Kalo gak salah aku pernah denger voice story nya Hachi di radio juga. Cuman ya aku gatau gimana endingnya si Hachi ini. Antara samar-samar inget atau ngga. Kalau gak salah dia akhirnya ketemu sama emaknya yang merupakan seorang ratu lebah. Nah dari sini aku gatau lagi gimana, ada yang bilang emaknya mati karena sakit, terus Hachi mimpin serangan melawan Tawon yg jadi musuhnya, meskipun menang, tapi Hachi terluka parah dan akhirnya mati juga, terus Hachi ketemu lagi sama emaknya di surga. Ini aku nemu di fandom2 yang gak jelas juga bener atau nggak :Va. Kalo ada yang tau endingnya Hachi, komen doong gaes.. Aku juga mau nyari2 file animasinya.

46.   Monster Farm/ Monster Rancher
Image Source
Yang aku inget banget dari serial ini ada karakter monster namanya Mochi yang emang berbentuk kaya kue Mochi setengah bebek haha. Terus ada karakter kaya monster ink yang bermata satu yang bawelnya minta ampun, ada monster kelinci, serigala dan golem si monster batu. Karakter utamanya bernama Genki, dia dapet hadiah video games entah darimana lupa. Pas video gamenya dinyalain, Genki ke sedot masuk ke dunia game itu, yang berisi berbagai macam monster. Terus di dunia game itu, Genki ketemu sama anak cewek namanya Holly yang lagi nyari legenda phoenix buat nyelametin dunia disana yang lagi chaos karena kejahatan. Si cewe ini dia punya kalung penunjuk arah dimana phoenix berada. Monster yang mati dalam cerita ini akan berubah menjadi batu berbentuk koin bulat gede dan batu itu bisa dibangkitkan lagi disebuah kuil. Beberapa batu sudah mereka coba bangkitkan demi mencari kemungkinan phoenix ada di dalam batu-batu itu, tapi gak juga ketemu, malah yang bangkit monster-monster lain yang akhirnya jadi tim perjalanan mereka. Monster farm rilis pertama di Jepang sebagai video game tahun 1997 dan baru pada tahun 1999 dia di jadikan anime. Kalo di Indonesia dia tayang di SCTV tapi lupa tahun berapa. Mungkin 2000an.

47.   One Piece
Image Source
One piece pernah tayang di RCTI dan Global TV. Serial yang rilis tahun 1999 ini sampai saat ini ceritanya masih belum tamat lho. Sebenernya aku kurang ngikutin One Piece, tapi cukup tau sama karakter utamanya yang berisik banget, si Monkey D. Luffy. Dia juga punya ability melenturkan semua bagian badannya kaya karet gara-gara pernah makan buah iblis gomu gomu. One Piece termasuk salah satu serial yang terkenal banget baik di Jepang maupun diluar Jepang. Plotnya nyeritain sekumpulan bajak laut yang dipimpin Monkey D. Luffy buat nemuin harta karun paling berharga yang disebut One Piece. Dalam perjalananya, Luffy bertemu dengan berbagai karakter dan membentuk sebuah tim bajak laut yang dinamai Bajak Laut Topi Jerami. Ditemani beberapa rekannya yaitu Zoro, Nami, Usopp, Sanji, Tony Tony Chopper, dan Nico Robin, mereka mengarungi Samudera dan berhadapan dengan berbagai bajak laut dari penjuru dunia.

48.   Naruto
Image Source
Naruto menceritakan tentang tokoh yang bernama Naruto! Haha
Siapa sih yang gak kenal sama karya Masashi Kishimoto ini?? Serial Naruto dulu tayang di Global TV, dan series Shipudennya pernah juga tayang di Indosiar. Naruto pertama kali rilis tahun 2002an. Anime ini bertemakan tentang dunia perninjaan yang disebut dengan Dunia Shinobi. Yang paling ku suka dari cerita Naruto adalah konsep tentang Jinchuriki! Seperti yang kita tahu Jinchuriki adalah Ninja yang dijadikan wadah penyegelan salah satu dari 9 monster dari mulai ichibi, nibi, sanbi, yonbi, gobi, rokubi, nanabi, hachibi dan kyubi. (diakhir cerita ada monster ke 10 yaitu Juubi). Naruto sendiri adalah tokoh utama dan merupakan Jinchuriki dari Kyubi, si monster rubah ekor 9. Naruto bercita-cita menjadi Hokage, yaitu pemimpin desa Konohagakure seperti mendiang ayahnya. Selain tokoh Naruto Uzumaki, ada juga tokoh lain seperti Sasuke Uchiha, dan Sakura Haruno yang mana mereka merupakan teman satu tim. Selain itu masih banyak juga tokoh lainnya yang menonjol, seperti Guru Kakashi, Tsunade, Hinata, Gaara, Itachi,  Akatsuki, dsb. Cerita Naruto kaya akan plot, biasanya setelah selesai plot 1, maka akan ada plot selanjutnya dengan tokoh-tokoh yang baru baik protagonis maupun antagonis. Tapi semua plot saling sambung menyambung. Naruto nya juga diceritain dari mulai dia kecil dan masuk sekolah ninja sampe dewasa yang akhirnya Naruto menjadi Hokage dari desa Konohagakure, menikah dengan Hinata dan punya 2 anak yaitu Boruto Uzumaki dan Himawari Uzumaki. Sekuel setelah serial Naruto tamat, dilanjut dengan serial Boruto yang merupakan anaknya Naruto. Kira-kira setelah Boruto tamat, ada ruto apalagi yak? Hehe

49.   Bleach
Image Source
Bleach tayang di Indosiar sekitar tahun 2008 (?). Bercerita tentang seorang pemuda (manusia) bernama Ichigo Kurosaki yang memperoleh kekuatan Shinigami (Dewa Kematian) dari seorang Shinigami asli yang bernama Rukia Kuchiki. Ichigo bertugas sebagai Shinigami sementara untuk menggantikan Rukia yang kala itu terluka akibat melindungi Ichigo dari serangan Hollow. Shinigami bertugas untuk menuntun jiwa orang mati dari dunia nyata ke dunia roh. Mereka juga melindungi manusia dari para hollow, sosok monster jahat yang menyerang roh dan manusia.

50.   Fairy Tail
Image Source

Fairy tail karya Hiro Mashima sebenernya anime favoritku nomor 2 setelah Digimon. Tapi aku nempatin di list terakhir karena memang Fairy tail tayang di TV Indonesia sekitar 2009an di Indosiar kalo gak salah. Jadi gak termasuk anime yang nostalgia banget jaman kecil. Cuman cerita dan temanya aku suka banget. Fairy tail diangkat dari komik Jepang yang mengisahkan para penyihir yang tergabung kedalam berbagai guild. Mereka bekerja untuk mendapatkan uang dengan menggunakan sihir mereka dibawah naungan guild dan asosiasi dewan sihir. Karakter utamanya tergabung dalam guild bernama Fairy Tail ada Natsu yang punya kekuatan api, Gray yang punya kekuatan es, Erza yang bisa berganti-ganti armor, Lucy yang punya sihir bintang, wendy si penyihir udara, Happy dan Charlie dua kucing yang bisa terbang atau disebut exceed. Selain itu masih banyak karakter lainnya seperti Master Makarov, Master Mavis, Kana, Laxus, Gildart, dan favoritku Mirajane! Si gadis cantik lemah lembut yang punya kekuatan jiwa iblis. Kalo udah serius, dia berubah karakter dari yang lemah lembut jadi garang dan sangar, beuhh! Hahaha. Untuk versi komik originalnya sebenernya Fairy Tail udah tamat di chapter 545. Tapi ada sekuel komiknya yg lain kaya Fairy Tail Zero, Fairy Tail Blue Misral, Fairy Tail Ice Trail, Fairy Tail Sabertooth, Fairy Tail Gaiden dan ada Fairy Tail 100 years quest. Untuk Moviesnya, Fairy Tail udah sempet merilis Phoenix Priestess thn 2012 dan Dragon Cry thn 2017. Kemungkinan bakal ada film baru lagi yang akan di rilis. Kita tunggu saja ya..


0 comments:

Post a Comment