Sunday, July 5, 2020

Telenovela Tahun 90-an (Part 2)

Halo-haloo.. postingan ini adalah postingan lanjutan dari Part 1 ya...
Bagi yang belum baca Part 1, boleh di  klik disini. Sama seperti sebelumnya, pada postingan kali ini aku juga akan membahas beberapa Telenovela yang tayang di TV Indonesia tahun 90-2000an. Langsung aja yuk kita bahas apa aja.


1. Carita De Angel

Source Image: Wikipedia.org

Siapa sih yang gak tau gemesnya Dulce Maria? Si anak manis yang kadang sikapnya sok dewasa, sampe bibi ku bilang Dulce Maria itu Kokolot Begog (Re: Masih kecil tapi terlihat dewasa - Bhs.Sunda) wkwk. Dulce Maria adalah tokoh utama dalam serial Carita de ángel atau bahasa indonesianya Wajah Malaikat. Diperankan oleh Daniela Aedo yang tahun 2020 ini dia sudah berumur 25 tahun. Serial ini berasal dari Mexico dan sempat tayang di RCTI tahun 2003-an.

Dalam serial ini, Dulce Maria digambarkan sebagai sosok yang lucu dan periang. Di usianya yang masih anak-anak, dia juga sudah ditinggalkan ibunya yang meninggal dunia. Karena ayahnya yang bernama Luciano Larios adalah seseorang yang sibuk dengan pekerjaan, Dulce pun di titipkan ke sekolah asrama katolik. Di asrama itu, Dulce bertemu dengan suster Cecilia yang cantik dan baik hati. Saking baiknya, Dulce menginginkan suster Cecilia untuk menjadi ibu tirinya dan diapun menjodohkan suster Cecilia dengan ayahnya. Namun di sisi lain, ayahnya Dulce didekati seorang wanita bernama Nicole. Nicole selalu berusaha untuk menjauhkan Dulce dari ayahnya agar tujuannya untuk mendapatkan ayahnya Dulce tercapai. Namun dengan berbagai cara, pada akhirnya Dulce berhasil menjodohkan suster Cecilia dengan ayahnya sampai akhirnya suster Cecilia berhenti menjadi suster dan menikah dengan ayahnya Dulce Maria.

Selama di asrama, Dulce memiliki beberapa teman baik dan tentunya ada juga teman-teman yang jahat yang selalu menggangu kesehariannya. Dulce juga mempunyai sebuah ruangan rahasia lho. Ruangan yang pada aslinya gudang tersebut kadang berubah menjadi ruangan yang indah tempat Dulce bertemu dan bercerita dengan ibunya yang sudah meninggal yang digambarkan dengan sosok malaikat. Tidak lupa, Dulce juga mempunyai seorang tante baik yang suka memakai rambut palsu yang berganti-ganti warna setiap hari. Wkwk


2. Esperanza (Nunca Te Olvidare)

Source Image: Wikipedia.org

Esperanza Gamboa Martel adalah pemeran utama dalam serial Nunca Te Olvidare. Atau dalam bahasa indonesia artinya “Tidak akan pernah melupakanmu”. Serial dari Mexico ini tayang di Indonesia sekitar tahun 2000-an. Diperankan oleh Edith Gonzalez sebagai Esperanza dan Fernando Colunga sebagai Luis Gustavo.

Cerita berawal saat Don Antonio yang merupakan ayah dari Luis Gustavo diminta tolong untuk mengurus anak mantan pacarnya yaitu Clara Isabel Martel yang meninggal dunia. Anak Clara inilah yang di beri nama Esperanza. Di sisi lain, istri dari Don Antonio yang bernama Consuelo kurang menyukai kehadiran Esperanza di keluarganya karena masa lalu ibunya Esperanza yang merupakan mantan Don Antonio. Dengan ketidaksukaannya itu, Esperanza pun diperlakukan dengan tidak baik oleh Consuelo. Terlebih lagi, ketertarikan Luis  yang merupakan anak Don Antonio dan Consuelo pada Esperanza, membuat rasa tidak suka Consuelo terhadap Esperanza semakin bertambah. Consuelo pun menemukan cara untuk memisahkan Esperanza dengan Luis dengan cara mengirim Luis untuk sekolah di luar negeri dan mengirim Esperanza ke sekolah asrama.

Singkat cerita, tahun demi tahun terlewati. Baik Esperanza dan Luis tumbuh menjadi muda mudi yang rupawan. Selama masa terpisah itu, tidak ada yang berubah terhadap perasaan Esperanza dan Luis. Mereka sama-sama saling tidak bisa melupakan rasa cintanya. Dan mereka kembali bertemu setelah pulang ke rumah asalnya.

Suatu hari Don Antonio sakit keras dan menitipkan surat wasiat kepada temannya yaitu Fermin Requena bahwa ia merestui apabila Luis ingin menikah dengan Esperanza. Namun surat itu tidak pernah disampaikan karena Fermin sendiri tertarik pada Esperanza. Fermin adalah seorang duda yang memiliki satu putri bernama Silvia yang kebetulannya Silvia ini suka sama Luis.

Fermin pun bersekongkol dengan Consuelo untuk kembali memisahkan Esperanza dan Luis. Disini Consuelo membohongi Luis bahwa sebenarnya Esperanza adalah anak tidak sah dari ayahnya. Dan kebohongan itu menjadikan Luis dan Esperanza sebagai saudara tiri. Luis pun terpaksa pergi dan memutuskan memilih bersama Silvia walau hatinya tetap untuk Esperanza.


3. Maria Mercedez

Source Image: Wikipedia.org

Jujur telenovela ini aku kurang begitu tau. Tapi kata orang-orang, serial ini dulu sangat terkenal. Dan akan aku coba rangkum sedikit ceritanya sesuai informasi yang kudapat dari wikipedia.

Serial Maria Mercedez tayang di Indonesia tahun 1993-1994. Lagi-lagi diperankan artis cantik Thalia sebagai tokoh utamanya. Maria Mercedez digambarkan sebagai seorang wanita muda yang harus menafkahi saudara-saudaranya. Ibunya telah meninggal dunia, sedangkan ayahnya adalah seorang pemabuk yang tak dapat diandalkan. Suatu hari, Maria berkenalan dengan seorang laki-laki kaya bernama Santiago del Olmo. Santiago del Olmo menderita suatu penyakit dan sadar bahwa usianya tak akan lama lagi. Karena Santiago tak ingin harta yang ditinggalkannya nanti diambil alih oleh bibinya yang tamak yang bernama Malvina, Santiago pun melamar Maria Mercedez sehingga saat Santiago meninggal dunia, seluruh hartanya menjadi milik Maria Mercedez. Maria pun tinggal di rumah peninggalan Santiago dan mengambil alih semua kekayaannya.

Disisi lain, Malvina sangat marah karena kekayaan Santiago jatuh pada Maria. Malvina pun bertekad untuk mendapatkan kembali harta Santiago dengan cara memanfaatkan anaknya yang bernama Jorge Luis del Olmo yang diperankan oleh Arturo Peniche. Malvina mendorong Jorge Luis untuk menikahi Maria sehingga pada saatnya nanti, Jorge dapat menceraikan Maria dan harta Maria bisa menjadi milik Jorge dan Malvina. Jorge yang selalu patuh pun menuruti keinginan ibunya dan berhasil menikahi Maria yang benar-benar jatuh cinta pada Jorge. Awal pernikahannya, Jorge hanya bertekad untuk menuruti kehendak ibunya saja sehingga hubungan Jorge dan Maria pun hanya sekedar hitam diatas putih. Namun, seiring berjalannya waktu, hati Jorge mulai goyah dan mulai merasakan cinta kepada Maria sehingga misi dari ibunya untuk menceraikan Maria pun tersingkirkan.


4. La Usurpadora (Cinta Paulina)

Source Image: Wikipedia.org

La usurpadora adalah serial Mexico yang tayang di Indonesia sekitar tahun 1998-1999. La usurpadora sendiri artinya adalah The usurper / Perampas. Sedangkan di Indonesia, serial ini terkenal dengan judul Cinta Paulina.

Cinta Paulina menceritakan dua orang saudara kembar bernama Paola dan Paulina yang sudah terpisah saat dilahirkan. Baik Paola maupun Paulina diperankan oleh artis cantik bernama Gabriela Spanic. Paola digambarkan sebagai sosok wanita yang kaya, jahat, dan playgirl. Sedangkan Paulina adalah wanita yang baik hati, miskin dan sederhana. Paola memiliki suami kaya yang tampan bernama Carlos Daniel Bracho yang diperankan oleh Fernando Colunga. Sedangkan Paulina bertunangan dengan pria sederhana bernama Osvaldo yang melirik perempuan lain. 

Suatu hari, Paola dan Paulina bertemu satu sama lain dan Paola menemukan ide untuk memanfaatkan Paulina untuk menggantikan perannya dirumah karena Paola ingin berlibur bersama kekasih gelapnya yaitu Alessandro. Paulina pun tidak langsung menyetujui permintaan Paola karena ia harus mengurus ibunya yang sakit. Namun dengan berbagai cara yang licik, Paola berhasil memaksa Paulina untuk menggantikannya dan Paulina pun akhirnya tinggal bersama keluarga Bracho. Paulina yang berhati baik membawa perubahan banyak di keluarga Bracho sedangkan Paola asik berlibur bersama kekasihnya di Monaco. Di sisi lain, Paulina mulai jatuh cinta pada Carlos Daniel tapi ia tetap menjaga kehormatannya karena sadar bahwa sebenarnya ia bukanlah istri Carlos Daniel.


5.Gotita de Amor (Impian Chabelita)

  

Source Image: Wikipedia.org
                                                                                                                                                                              

Gotita de Amor atau Droplet of Love / Tetesan Cinta adalah serial telenovela anak dari Mexico yang tayang di Indonesia tahun 2000an. Di indonesia, serial ini lebih dikenal dengan judul Impian Chabelita. Mengisahkan kehidupan seorang anak perempuan bernama Isabel Chabelita yang diperankan oleh Andrea Lagunes. Chabelita sudah ditinggalkan di panti asuhan sejak bayi. Dan ia tumbuh menjadi anak yang baik hati dan pintar meskipun kurang kasih sayang dan selalu mendapat perlakuan buruk dari teman-temannya.

Suatu hari, teman-temannya membohongi Chabelita, menunjukan akte kelahiran palsu dan mengatakan ayah Chabelita masih hidup dan dia bernama Jesús García yang tinggal di Mexico City. Chabelita pun melarikan diri dari panti asuhan untuk mencari Jesús García yang sebenarnya bukan ayahnya. Melainkan seorang pria miskin yang jatuh cinta pada wanita kaya bernama Maria Fernanda. Chabelita pun bertemu dengan Jesús García dan mengatakan bahwa ia adalah ayahnya. Jesús García yang kasihan terhadap Chabelita pun membawa Chabelita dan mengurusnya layaknya anaknya sendiri. Di sisi lain, Maria Fernanda ternyata dulu melahirkan anak perempuan yang diculik saat masih bayi yang ternyata anak tersebut adalah Chabelita itu sendiri. Secara kebetulan, suatu waktu Chabelita dan Jesús García bertemu dengan Maria dan Maria pun meyakini bahwa Chabelita adalah anak kandungnya yang hilang. Maria pun berusaha untuk memastikan segalanya dan agar Chabelita bisa benar-benar tinggal bersamanya. Dan secara tidak langsung Chabelita juga menyatukan Jesús García dan Maria Fernanda.


6. Maria Belen

Source Image: Wikipedia.org

Maria Belen adalah serial telenovela anak dari Mexico yang tayang di indonesia antara tahun 2001-2002. Diperankan oleh Danna Paola sebagai Maria Belen. Telenovela ini menceritakan seorang gadis kecil berusia 6 tahun yaitu Maria Belen yang kehilangan orang tua angkatnya dalam sebuah kecelakaan tragis yang direncanakan oleh paman angkatnya sendiri yaitu Rogelio. Rogelio adalah seorang pria yang jahat dan ambisius, dia berkeinginan untuk mendapatkan warisan saudara tirinya yaitu Alfonso yang tak lain adalah orang tua angkat Maria Belen. Dengan tujuan itu, Rogelio pun merencanakan sebuah kecelakaan untuk keluarga Alfonso namun Maria Belen lolos dari kecelakaan maut tersebut dan menjadikan Maria Belen tetap sebagai pewaris harta Alfonso. Karena Rogelio masih mengincar harta Alfonso, Rogelio pun mengambil hak asuh Maria Belen yang masih anak-anak itu.

Maria Belen dimasukan ke sebuah sekolah bernama Institut Brighton dimana nantinya Maria Belen malah akan bertemu dengan ayah kandungnya yang bernama Pablo Diaz.  Pablo Diaz dan Alejandra, dulu adalah sepasang kekasih. Saat Pablo Diaz mendapatkan beasiswa untuk studi ke luar negeri, dia tidak tahu kalau Alejandra sedang mengandung anaknya yaitu Maria Belen. Pablo Diaz yang tidak tahu akan hal itu tetap mengambil beasiswanya karena dorongan Alejandra juga yang menginginkan hal tersebut. Naasnya saat Alejandra melahirkan Maria Belen, Alejandra meninggal dunia dan Maria Belen pun diadopsi oleh keluarga Alfonso.

Saat Pablo kembali dari studinya, dia mengetahui bahwa Alejandra meninggal setelah melahirkan anaknya. Pablo pun selalu berusaha untuk mencari anaknya namun tidak pernah ketemu hingga takdir akhirnya mempertemukan mereka kembali.

Hari-hari Maria Belen di sekolah Institut Brighton diwarnai dengan berbagai kisah. Selalu ada tokoh-tokoh baik dan jahat dimana-mana. Sebagai contoh, di sekolah itu ada Ursula Arana sebagai pengelola sekolah yang jahat yang mana dia terobsesi dengan Pablo Diaz dari jauh-jauh hari. Namun Pablo Diaz tak pernah memberinya kesempatan dan dia malah memilih Ana Del Rio sebagai kekasihnya.



Itu dia sederet telenovela yang pernah mengisi layar kaca di Indonesia tahun 90-2000an. Dan sebenarnya masih banyak lagi telenovela lainnya yang tidak aku cantumin. Sebagian besar plot cerita aku dapatkan dari Wikipedia ditambah dengan ingatanku sendiri saat dulu menonton telenovela tersebut. So, jadi gimana guys, sudah cukup bernostalgia dengan masa lalu yang indah? Hehe

Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar ya.. :)

See you in another story ^^)/


Wednesday, June 17, 2020

Telenovela Tahun 90-an (Part 1)

Gatau kenapa akhir-akhir ini aku jadi teringat sama yang namanya Telenovela. Efek lagi bosen sama tontonan masa kini kali ya hehe. Mungkin bagi temen-temen generasi 90-an gak asing dong kalau denger istilah Telenovela. Tapi buat para generasi kekinian, pasti ada yang bertanya “apa sih Telenovela?”. Telenovela itu terdiri dari dua suku kata. Tele atau Television dan Novela atau Novel. Singkatnya sih cerita, serial, atau drama yang ditayangkan di televisi. Atau bisa juga disamakan dengan Sinetron. Bedanya adalah Telenovela identik dengan serial yang berasal dari Amerika Latin.
Di Indonesia, Telenovela booming banget di tahun 90-an sampai awal 2000-an. Bahkan katanya sih dari tahun 80-an juga udah booming. Tapi aku kurang tau karena tahun 80-an belum lahir hehe. Seiring perkembangan zaman, serial-serial Telenovela ini mulai hilang kejayaannya, digantikan dengan kejayaan sinetron lokal, drama bolliwood, serial Turki, dorama Jepang dan bahkan drama Korea yang sampai saat ini masih booming. Tapi tenang aja, bagi kalian para pecinta telenovela, kali ini aku akan bahas beberapa daftar telenovela beserta sinopsisnya. Sekalian kita bernostalgia ya teman-teman.

1. Rosalinda
Source Image: Wikipedia.org

Ada yang inget sama potongan soundtracknya? “Rosalinda, Ay amor ” :D
Rosalinda merupakan Telenovela yang berasal dari Mexico. Serial ini pernah tayang di SCTV sekitar tahun 2000-2003. Diperankan oleh artis cantik multi talented bernama Thalia. Bercerita tentang si penjual bunga yang cantik bernama Rosalinda Pérez. Suatu hari Rosalinda bertemu dengan Fernando Jose si pria kaya nan tampan yang sedang memainkan piano di sebuah restoran. Merekapun akhirnya jatuh cinta dan menikah sampai dikaruniai seorang putri bernama Erika.
Namun kisah cinta mereka tidak berjalan dengan mulus. Ibu tiri Fernando Jose yaitu Valeria sebenarnya kurang setuju dengan adanya Rosalinda yang notabennya berasal dari keluarga biasa. Akhirnya Valeria menemukan sebuah cara untuk memisahkan Rosalinda dengan Fernando. Valeria menuduh Soledad ibunya Rosalinda yang tak bersalah atas pembunuhan ayah Fernando. Soledad pun di Penjara dan Fernando meninggalkan Rosalinda beserta putrinya. Setelah itu, Valeria menculik anaknya Rosalinda hingga menyebabkan Rosalinda stress, hilang ingatan, dan dibawa ke rumah sakit jiwa.
Suatu hari, rumah sakit jiwa tempat Rosalinda terjadi kebakaran hingga semua orang berpikir Rosalinda telah meninggal. Namun nyatanya Rosalinda berhasil menyelamatkan diri.
Keadaan Rosalinda yang amnesia dan stress dimanfaatkan seseorang yang jahat dan menyuruh Rosalinda untuk menjadi pencuri. Suatu hari Rosalinda terciduk sedang mencuri di sebuah rumah milik talent agent yang bernama Alex. Alex pun malah jatuh cinta dan mengurus Rosalinda. Alex memberikan identitas baru kepada Rosalinda dengan nama Paloma. Dan Alex menjadikan Paloma sebagai seorang penyanyi yang terkenal. Disatu sisi, Fernando Jose juga telah menikah lagi dengan sepupunya Rosalinda yang bernama Fedra. Segalanya baik-baik saja sampai suatu hari, Paloma (Rosalinda) dan Alex menghadiri konsernya Fernando Jose. Disana, Fernando Jose memainkan piano yang membuat ingatan Rosalinda kembali.

2. Esmeralda
Source Image: Wikipedia.org

Esmeralda..oooh.. Esmeralda.. oooh kasihmu tulus dan murni…~
kurang lebih gitulah potongan soundtrack bahasa indonesianya yang ku inget hehe.
Esmeralda juga merupakan serial yang berasal dari Mexico. Diperankan oleh artis Leticia Calderon dan Fernando Colunga. Serial ini tayang di Indonesia sekitar tahun 1998-1999an. Bercerita tentang kehidupan seorang gadis buta. Pada awalnya Rodolfo dari keluarga yang kaya sangat menginginkan anak laki-laki, tetapi Bianca istri dari Rodolfo beberapa kali mengalami keguguran. Hingga suatu ketika Bianca berhasil melahirkan seorang bayi. Namun dia melahirkan bayi perempuan yang lemah dan buta yaitu Esmeralda. Bianca bahkan beranggapan bahwa Esmeralda yang masih bayi tersebut lahir dalam keadaan sudah meninggal dunia karena saking bayi tersebut terlihat tak berdaya.
Di lain tempat, ada keluarga miskin yang melahirkan bayi laki laki sehat yang kelak dinamai Jose Armando. Bianca yang mengetahui hal itupun menukarkan bayi perempuannya (Esmeralda) dengan bayi laki laki (Jose Armando) dari keluarga miskin itu agar suaminya tidak murka karena tahu kalau anaknya adalah perempuan. Namun setelah dewasa, takdir mempertemukan keduanya. Esmeralda menjalin cinta dengan Jose Armando. Jalinan kisah cinta mereka mendapat tentangan dari Rodolfo yang sebenarnya adalah ayah kandung Esmeralda sendiri yang tak tahu apa-apa. Dalam hal ini kunci kebenaran masa lalu Esmeralda ada pada Bianca yaitu ibu kandung dari Esmeralda.

3. Marimar
Source Image : tokopedia.com

Ma.. rii mar.. AWWW !  Lagi-lagi potongan soundtrack ini membekas banget di ingatanku wkwk.
Serial Marimar kembali diperankan oleh artis cantik Thalia sebagai pemeran Marimar itu sendiri. Dalam serial ini, Marimar diceritakan adalah seorang gadis pantai yang miskin dan polos. Dia tinggal disebuah gubuk bersama kakek neneknya. Marimar juga punya sahabat yaitu seekor anjing yang dinamai Ferguso. Mungkin dari sini kita sering denger kalimat "Tidak semudah itu Ferguso" wkwk.
Suatu hari, Marimar jatuh cinta dengan anak keluarga kaya bernama Sergio. Marimar dan Sergio pun berhasil melangsungkan pernikahan tanpa restu dari orang tua Sergio. Hal ini menyebabkan Marimar sering mendapat perlakuan tidak enak dari orang tua Sergio khususnya Angelica, ibu tiri Sergio. Karena perlakuan itu, Sergio dan Marimar memutuskan untuk pergi dan membangun keluarganya sendiri. Namun Angelica berhasil memfitnah Marimar atas tuduhan pencurian hingga akhirnya Marimar di penjara. Angelica juga menyuruh seseorang untuk membakar gubuk Marimar sampai menewaskan kakek neneknya. Dia juga menulis surat palsu kepada Marimar yang berisi bahwa Sergio tidak lagi mencintai Marimar. Mengetahui berbagai peristiwa itu, Marimar jadi dendam dan setelah keluar dari penjara, dia pergi ke kota untuk bekerja. Disana Marimar justru bertemu dengan ayah kandungnya yang tak pernah ketemu sebelumnya. Disitu ayah Marimar mengajarkan banyak hal hingga akhirnya Marimar bisa menjadi wanita sukses. Setelah sukses, akhirnya tiba masa dimana Marimar ingin membalas dendam terhadap keluarga Sergio. Dia bertemu dengan Sergio dan mengaku kalau namanya adalah Bella. Marimar juga membeli aset-aset keluarga Sergio dan berhasil merendahkan Angelica seperti dia dulu di rendahkan olehnya.

4. Amigos X Siempre
Source Image: Wikipedia.org

Amigos X Siempre kalau diartikan di google translate artinya Friends Forever atau Teman Selamanya. Telenovela ini merupakan telenovela anak-anak yang berasal dari Mexico.  Tayang di SCTV tahun 2003-2005 dengan jumlah 115 episode (Source.Wikipedia). Banyak juga ya episodenya hehe.
Amigor X Siempre berlatarkan sebuah sekolah yang ketat dan bergengsi bernama Instituto Vidal yang dimiliki oleh Julia Vidal. Seorang wanita yang kehilangan suami dan anak perempuannya yang bernama Laura Vidal. Cerita dalam telenovela ini berfokus pada lika liku kisah persahabatan murid-murid Instituto Vidal. Tokoh utamanya adalah Ana Capistran Vidal yang digambarkan sebagai anak yang manis dan cerdas. Ana merupakan cucu dari Julia Vidal dan anak dari Laura Vidal (yg diceritakan sudah meninggal). Ayahnya bernama Fransisco Capistran. Disini, Fransisco bisa dikatakan antagonis karena sikapnya tidak terlalu baik terhadap Ana dan berambisi ingin merebut sekolah Instituto Vidal. Ana yang dikatakan tertekan atas kematian ibunya serta sikap tidak baik ayahnya, membuat Ana selalu menyendiri dan meekspresikan emosinya dengan cara bermain musik.
Suatu hari, paman Ana yang bernama Salvador Vidal yang baik hati membawa anak angkatnya yang bernama Pedro Vidal untuk dimasukan ke sekolah Instituto Vidal. Disini, Pedro dan Ana bisa dikatakan saling suka (bahkan mungkin pacaran?) Dan kehadiran Pedro membawa perubahan pada kehidupan Ana. Hari-hari Ana pun tidak seburuk dulu karena selalu ada Pedro di sisinya. Tapi lika-liku persahabatan di Instituto Vidal tidak cukup disitu saja karena masih banyak tokoh anak-anak lain yang mengambil peran dalan keseruan telenovela ini. Ada Santiago, Renata, dan Patricia yang tergolong anak-anak yang menyebalkan minta ampun. Serta ada Rafael, Lourdes, Juan, dan Gilberto yang tegolong anak-anak baik. Oh iya lupa, Ana juga dikatakan memiliki sebuah kemampuan ajaib yang dapat memindahkan suatu barang dengan pikirannya loh. Semacam telekinesis gitu deh.

5.Yo Soy Betty, La Fea ( I am Betty, the ugly one)
Source Image: Wikipedia.org

Yo Soy Betty, La Fea atau lebih sering disebut Betty La Fea adalah serial telenovela dari Columbia yang menceritakan kisah wanita culun bernama Betty Pinzon. Serial ini tayang di RCTI tahun 2002. Diperankan oleh Ana Maria Orozco. Betty digambarkan sebagai sosok yang sangat pintar dan merupakan lulusan terbaik dari akademinya tetapi sulit mendapat pekerjaan dikarenakan penampilannya yang culun. Suatu ketika Betty melamar pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan fashion Eco Moda dengan tidak mencantumkan foto dalam lamarannya. Perusahaanpun tidak mengetahui penampilan Betty sesungguhnya dan hanya bisa menilai dari data-data kemampuan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, Betty akhirnya diterima di perusahaan Eco Moda tersebut karena dinilai berkompeten.
Saat itu perusahaan Eco Moda di pimpin oleh seorang pria kaya, tampan dan terpelajar yaitu Armando Mendoza yang diperankan oleh Jorge Enrique Abello. Armando merupakan anak dari Robert Mendoza yang merupakan Founder Eco Moda.
Di dalam serial ini, Betty di ceritakan menaruh hati pada Armando. Namun Armando sudah mempunyai tunangan yaitu Marcela Valencia yang merupakan putri dari Co-founder Eco Moda. Selain itu Betty juga tidak memiliki penampilan menawan yang mampu menaklukan hati  Armando. Namun demikian, kemampuan Betty sangat diakui oleh perusahaan. Terlebih saat Eco Moda mengalami krisis keuangan, Betty membantu menemukan solusi dan membuat perusahaan kembali stabil. Betty pun di tempatkan sebagai sekretaris pribadi Armando. Dan hal itu membuat Betty semakin jatuh cinta pada Armando. Sebenarnya Armando juga lama-lama menaruh hati pada Betty karena sikap dan kemampuan Betty. Hanya saja Armando masih gengsi karena penampilan Betty yang culun.
Telenovela ini berkutat pada lingkaran perkantoran. Banyak seluk beluk yang terjadi dalam kehidupan Betty. Hingga ada masa dimana rasa sakit hati membuat Betty mencoba merubah penampilannya agar lebih cantik dan bahkan orang-orangpun sampai tidak mengira dengan penampilan baru Betty. Singkat cerita, pada akhirnya Betty memang menikah dengan Armando.

Mau tahu telenovela lainnya? Tunggu kelanjutannya nanti di Part 2 ya guys :D