Sunday, July 5, 2020

Telenovela Tahun 90-an (Part 2)

Halo-haloo.. postingan ini adalah postingan lanjutan dari Part 1 ya...
Bagi yang belum baca Part 1, boleh di  klik disini. Sama seperti sebelumnya, pada postingan kali ini aku juga akan membahas beberapa Telenovela yang tayang di TV Indonesia tahun 90-2000an. Langsung aja yuk kita bahas apa aja.


1. Carita De Angel

Source Image: Wikipedia.org

Siapa sih yang gak tau gemesnya Dulce Maria? Si anak manis yang kadang sikapnya sok dewasa, sampe bibi ku bilang Dulce Maria itu Kokolot Begog kalau dalam Bahasa Sunda artinya masih kecil tapi terlihat dewasa hehe. Dulce Maria adalah tokoh utama dalam serial Carita de ángel atau bahasa indonesianya Wajah Malaikat. Diperankan oleh Daniela Aedo yang tahun 2020 ini dia sudah berumur 25 tahun lho. Serial ini berasal dari Mexico dan sempat tayang di RCTI tahun 2003-an.

Dalam serial ini, Dulce Maria digambarkan sebagai sosok yang lucu dan periang. Di usianya yang masih anak-anak, dia juga sudah ditinggalkan ibunya yang meninggal dunia. Karena ayahnya yang bernama Luciano Larios adalah seseorang yang sibuk dengan pekerjaan, Dulce pun di titipkan ke sekolah asrama katolik. Di asrama itu, Dulce bertemu dengan suster Cecilia yang cantik dan baik hati. Saking baiknya, Dulce menginginkan suster Cecilia untuk menjadi ibu tirinya dan diapun menjodohkan suster Cecilia dengan ayahnya. Namun di sisi lain, ayahnya Dulce didekati seorang wanita bernama Nicole. Nicole selalu berusaha untuk menjauhkan Dulce dari ayahnya agar tujuannya untuk mendapatkan ayahnya Dulce tercapai. Namun dengan berbagai cara, pada akhirnya Dulce berhasil menjodohkan suster Cecilia dengan ayahnya sampai akhirnya suster Cecilia berhenti menjadi biarawati dan menikah dengan ayahnya Dulce Maria.

Selama di asrama, Dulce memiliki beberapa teman baik dan tentunya ada juga teman-teman yang jahat yang selalu menggangu kesehariannya. Dulce juga mempunyai sebuah ruangan rahasia. Ruangan yang pada aslinya gudang tersebut kadang berubah menjadi ruangan yang indah tempat Dulce bertemu dan bercerita dengan sosok ibunya yang sudah meninggal yang digambarkan dengan sosok seperti malaikat atau bidadari gitu. Tidak lupa, Dulce juga mempunyai seorang tante baik yang suka memakai rambut palsu yang berganti-ganti warna setiap hari. Hehe


2. Esperanza (Nunca Te Olvidare)

Source Image: Wikipedia.org

Esperanza Gamboa Martel adalah pemeran utama dalam serial Nunca Te Olvidare. Atau dalam bahasa indonesia artinya “Tidak akan pernah melupakanmu”. Serial dari Mexico ini tayang di Indonesia sekitar tahun 2000-an. Diperankan oleh Edith Gonzalez sebagai Esperanza dan Fernando Colunga sebagai Luis Gustavo.

Cerita berawal saat Don Antonio yang merupakan ayah dari Luis Gustavo diminta tolong untuk mengurus anak mantan pacarnya yaitu Clara Isabel Martel yang meninggal dunia. Anak Clara inilah yang di beri nama Esperanza. Di sisi lain, istri dari Don Antonio yang bernama Consuelo kurang menyukai kehadiran Esperanza di keluarganya karena masa lalu ibunya Esperanza yang merupakan mantan Don Antonio. Dengan ketidaksukaannya itu, Esperanza pun diperlakukan dengan tidak baik oleh Consuelo. Terlebih lagi, ketertarikan Luis  yang merupakan anak kandung Don Antonio dan Consuelo pada Esperanza, membuat rasa tidak suka Consuelo terhadap Esperanza semakin bertambah. Consuelo pun menemukan cara untuk memisahkan Esperanza dengan Luis dengan cara mengirim Luis untuk sekolah di luar negeri dan mengirim Esperanza ke sekolah asrama.

Singkat cerita, tahun demi tahun terlewati. Baik Esperanza dan Luis tumbuh menjadi muda mudi yang rupawan. Selama masa terpisah itu, tidak ada yang berubah terhadap perasaan Esperanza dan Luis. Mereka sama-sama saling tidak bisa melupakan rasa cintanya. Dan mereka kembali bertemu setelah pulang ke rumah asalnya.

Suatu hari Don Antonio sakit keras dan menitipkan surat wasiat kepada temannya yaitu Fermin Requena bahwa ia merestui apabila Luis ingin menikah dengan Esperanza. Namun surat itu tidak pernah disampaikan karena Fermin sendiri tertarik pada Esperanza. Fermin adalah seorang duda yang memiliki satu putri bernama Silvia yang kebetulannya Silvia ini suka juga sama Luis.

Fermin pun bersekongkol dengan Consuelo untuk kembali memisahkan Esperanza dan Luis. Disini Consuelo membohongi Luis bahwa sebenarnya Esperanza adalah anak tidak sah dari ayahnya. Dan kebohongan itu menjadikan Luis dan Esperanza sebagai saudara tiri. Luis pun terpaksa pergi dan memutuskan memilih bersama Silvia walau hatinya tetap untuk Esperanza.


3. Maria Mercedez

Source Image: Wikipedia.org

Jujur telenovela ini aku kurang begitu ingat. Tapi kata orang-orang, serial ini dulu sangat terkenal. Dan akan aku coba rangkum sedikit ceritanya sesuai informasi yang kudapat dari wikipedia.

Serial Maria Mercedez tayang di Indonesia tahun 1993-1994. Lagi-lagi diperankan artis cantik Thalia sebagai tokoh utamanya. Maria Mercedez digambarkan sebagai seorang wanita muda yang harus menafkahi saudara-saudaranya. Ibunya telah meninggal dunia, sedangkan ayahnya adalah seorang pemabuk yang tak dapat diandalkan. Suatu hari, Maria berkenalan dengan seorang laki-laki kaya bernama Santiago del Olmo. Santiago del Olmo menderita suatu penyakit dan sadar bahwa usianya tak akan lama lagi. Karena Santiago tak ingin harta yang ditinggalkannya nanti diambil alih oleh bibinya yang tamak yang bernama Malvina, Santiago pun melamar Maria Mercedez sehingga saat Santiago meninggal dunia, seluruh hartanya menjadi milik Maria Mercedez. Maria pun tinggal di rumah peninggalan Santiago dan mengambil alih semua kekayaan Santiago.

Disisi lain, Malvina sangat marah karena kekayaan Santiago jatuh pada Maria. Malvina pun bertekad untuk mendapatkan kembali harta Santiago dengan cara memanfaatkan anaknya yang bernama Jorge Luis del Olmo yang diperankan oleh Arturo Peniche. Malvina mendorong Jorge Luis untuk menikahi Maria sehingga pada saatnya nanti, Jorge dapat menceraikan Maria dan harta Maria bisa menjadi milik Jorge dan Malvina. Jorge yang selalu patuh pun menuruti keinginan ibunya dan berhasil menikahi Maria yang benar-benar jatuh cinta pada Jorge. Awal pernikahannya, Jorge hanya bertekad untuk menuruti kehendak ibunya saja sehingga hubungan Jorge dan Maria pun hanya sekedar hitam diatas putih. Namun, seiring berjalannya waktu, hati Jorge mulai goyah dan mulai merasakan cinta yang sesungguhnya kepada Maria sehingga misi dari ibunya untuk menceraikan Maria pun tersingkirkan.


4. La Usurpadora (Cinta Paulina)

Source Image: Wikipedia.org

La usurpadora adalah serial Mexico yang tayang di Indonesia sekitar tahun 1998-1999. La usurpadora sendiri artinya adalah The usurper / Perampas. Sedangkan di Indonesia, serial ini terkenal dengan judul Cinta Paulina.

Cinta Paulina menceritakan dua orang saudara kembar bernama Paola dan Paulina yang sudah terpisah saat dilahirkan. Baik Paola maupun Paulina diperankan oleh seorang artis cantik bernama Gabriela Spanic. Paola digambarkan sebagai sosok wanita yang kaya, jahat, dan playgirl. Sedangkan Paulina adalah wanita yang baik hati, miskin dan sederhana. Paola memiliki suami kaya yang tampan bernama Carlos Daniel Bracho yang diperankan oleh Fernando Colunga. Sedangkan Paulina bertunangan dengan pria sederhana bernama Osvaldo yang nyatanya suka melirik perempuan lain. 

Suatu hari, Paola dan Paulina bertemu satu sama lain dan Paola menemukan ide untuk memanfaatkan Paulina untuk menggantikan perannya dirumah karena Paola ingin berlibur bersama kekasih gelapnya yaitu Alessandro. Paulina pun tidak langsung menyetujui permintaan Paola karena ia harus mengurus ibunya yang sakit. Namun dengan berbagai cara yang licik, Paola berhasil memaksa Paulina untuk menggantikannya dan Paulina pun akhirnya tinggal bersama keluarga Bracho. Paulina yang berhati baik membawa perubahan banyak di keluarga Bracho sedangkan Paola asik berlibur bersama kekasih gelapnya di Monaco. Di sisi lain, Paulina mulai jatuh cinta pada Carlos Daniel tapi ia tetap menjaga kehormatannya karena sadar bahwa sebenarnya ia bukanlah istri Carlos Daniel.


5.Gotita de Amor (Impian Chabelita)

  

Source Image: Wikipedia.org
                                                                                                                                                                              

Gotita de Amor atau Droplet of Love / Tetesan Cinta adalah serial telenovela anak dari Mexico yang tayang di Indonesia tahun 2000an. Di indonesia, serial ini lebih dikenal dengan judul Impian Chabelita. Mengisahkan kehidupan seorang anak perempuan bernama Isabel Chabelita yang diperankan oleh Andrea Lagunes. Chabelita sudah ditinggalkan di panti asuhan sejak bayi. Dan ia tumbuh menjadi anak yang baik hati dan pintar meskipun kurang kasih sayang dan selalu mendapat perlakuan buruk dari teman-temannya.

Suatu hari, teman-temannya membohongi Chabelita, menunjukan akte kelahiran palsu dan mengatakan ayah Chabelita masih hidup dan dia bernama Jesús García yang tinggal di Mexico City. Chabelita pun melarikan diri dari panti asuhan untuk mencari Jesús García yang sebenarnya bukan ayahnya. Melainkan seorang pria miskin yang jatuh cinta pada wanita kaya bernama Maria Fernanda. Chabelita pun bertemu dengan Jesús García dan mengatakan bahwa ia adalah ayahnya. Jesús García yang kasihan terhadap Chabelita pun membawa Chabelita dan mengurusnya layaknya anaknya sendiri. Di sisi lain, Maria Fernanda ternyata dulu melahirkan anak perempuan yang diculik saat masih bayi yang ternyata anak tersebut adalah Chabelita itu sendiri. Secara kebetulan, suatu waktu Chabelita dan Jesús García bertemu dengan Maria dan Maria pun meyakini bahwa Chabelita adalah anak kandungnya yang hilang. Maria pun berusaha untuk memastikan segalanya dan agar Chabelita bisa benar-benar tinggal bersamanya. Dan secara tidak langsung Chabelita juga menyatukan Jesús García dan Maria Fernanda.


6. Maria Belen

Source Image: Wikipedia.org

Maria Belen adalah serial telenovela anak dari Mexico yang tayang di indonesia antara tahun 2001-2002. Diperankan oleh Danna Paola sebagai Maria Belen. Telenovela ini menceritakan seorang gadis kecil berusia 6 tahun yaitu Maria Belen yang kehilangan orang tua angkatnya dalam sebuah kecelakaan tragis yang direncanakan oleh paman angkatnya sendiri yaitu Rogelio. Rogelio adalah seorang pria yang jahat dan ambisius, dia berkeinginan untuk mendapatkan warisan saudara tirinya yaitu Alfonso yang tak lain adalah orang tua angkat Maria Belen. Dengan tujuan itu, Rogelio pun merencanakan sebuah kecelakaan untuk keluarga Alfonso namun Maria Belen lolos dari kecelakaan maut tersebut dan menjadikan Maria Belen tetap sebagai pewaris harta Alfonso. Karena Rogelio masih mengincar harta Alfonso, Rogelio pun mengambil hak asuh Maria Belen yang masih anak-anak itu.

Maria Belen dimasukan ke sebuah sekolah bernama Institut Brighton dimana nantinya Maria Belen malah akan bertemu dengan ayah kandungnya yang bernama Pablo Diaz.  Pablo Diaz dan Alejandra, dulu adalah sepasang kekasih. Saat Pablo Diaz mendapatkan beasiswa untuk studi ke luar negeri, dia tidak tahu kalau Alejandra sedang mengandung anaknya yaitu Maria Belen. Pablo Diaz yang tidak tahu akan hal itu tetap mengambil beasiswanya karena dorongan Alejandra juga yang menginginkan hal tersebut. Naasnya saat Alejandra melahirkan Maria Belen, Alejandra meninggal dunia dan Maria Belen pun diadopsi oleh keluarga Alfonso.

Saat Pablo kembali dari studinya, dia mengetahui bahwa Alejandra meninggal setelah melahirkan anaknya. Pablo pun selalu berusaha untuk mencari anaknya namun tidak pernah ketemu hingga takdir akhirnya mempertemukan mereka kembali.

Hari-hari Maria Belen di sekolah Institut Brighton diwarnai dengan berbagai kisah. Selalu ada tokoh-tokoh baik dan jahat dimana-mana. Sebagai contoh, di sekolah itu ada Ursula Arana sebagai pengelola sekolah yang jahat yang mana dia terobsesi dengan Pablo Diaz dari jauh-jauh hari. Namun Pablo Diaz tak pernah memberinya kesempatan dan dia malah memilih Ana Del Rio sebagai kekasihnya.


Itu dia sederet telenovela yang pernah mengisi layar kaca di Indonesia tahun 90-2000an. Dan sebenarnya masih banyak lagi telenovela lainnya yang tidak aku cantumin. Sebagian besar plot cerita aku dapatkan dari Wikipedia ditambah dengan ingatanku sendiri saat dulu menonton telenovela tersebut. So, jadi gimana guys, sudah cukup bernostalgia dengan masa lalu yang indah? Hehe

Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar ya.. :)

See you in another story ^^)/


0 comments:

Post a Comment