Monday, February 19, 2018

日本へ旅行する



Nihon e Ryokou Suru
Travel to Japan




Hai hai.. welcome back to my ikipage.... channel(?) #Nggak. Dikira youtubers kali ye -,- haha.

So, ngomongin soal tahun lalu, 2017 itu tahun yang penuh dengan perjalanan. Dan bener-bener tahun yang menyenangkan buat aku. Ceritanya akhir September 2017, aku berkesempatan untuk mengunjungi negeri Sakura. Jepang! Atau orang sana nyebutnya Nihon.
Awal cerita sekitar bulan Mei atau Juni kalo gak salah dapet promo tiket pesawat JAL dari Jalan tour https://jalan-tour.com/ yang waktu itu seharga 4,8an Sudah termasuk tiket Ekonomi JAL pulang-pergi dan tiket masuk Disney Resort (pilihan bisa Disneyland atau Disneysea). Setelah dihitung-hitung emang cukup murah, yaa meskipun sekarang-sekarang malah banyak banget promo yang lebih murah. Ada yang sampe cuman 2-3 jt an PP gilak ya -_-. Nah waktu itu aku sama temen-temen kantor akhirnya ambil itu tiket promo (dengan uang hasil nabung) dan mutusin  buat berangkat bareng sekitar bulan September agar cuacanya masih bersahabat (padahal aku sih pengennya akhir taun pas ada salju wkwk). Tapi ya gak apa-apa berhubung kali ini emang travelnya bareng-bareng, jadi aku gabisa mutusin segalanya sendiri ( *inilah ga enaknya travel bareng2 Lol ).
Ohiya ini tiketnya untuk tujuan Tokyo, jadi kita akan travel sekitaran Tokyo saja. Meskipun kita punya waktu yang cukup untuk travel ke kota lain misalnya Kyoto, enaknya pake Shinkansen tapi ongkosnya cuyy.. gak memungkinkan wkwk. Jadilah selama 6 harian kita menjadi orang Tokyo. Yeaahh...

Dipostingan ini, aku mau bahas tentang:

HAL-HAL YANG HARUS DI SIAPKAN

-         -  Paspor
Udah tentu lah ya, ini sih wajib. Bagi yang belum punya, buru-buru deh bikin ke Kantor Imigrasi. Gampang ko tinggal siapin copy dan asli KTP, KK, Akte lahir/Ijazah/Buku Nikah, ngisi form, dan foto di imigrasi. Sama bayar 300rb buat paspor biasa dan 600rb buat paspor elektronik (atau harga tergantung kantor imigrasi masing2).
E-Paspor
-         - Visa
Well, kalo ke Jepang kita harus pake Visa. Beda dengan negara-negara ASEAN yang bebas visa. Nah disini ada perbedaan bagi yang punya Paspor Biasa atau Paspor Elektronik. Kalo paspor biasa, harus ngajuin Visa Kunjungan ke kedubes Jepang dengan syarat-syarat dokumen yang bisa kalian search di website officialnya ya. Biaya bikin visa sekitar 300-500rb gitu kalo ga salah. Tapi bagi yang punya Paspor Elektronik (E-Paspor), ada fasilitas bebas Visa ke Jepang. Atau disebut juga Visa Waiver yang bebas digunakan selama 3 tahun bulak balik Jepang. Hanya diawal harus daftarin dulu E-Paspor nya ke Kedubes Jepang yang ada di Indonesia. Nanti dikasih Sticker Visa Waiver dan stamp gitu tanda kalo E-Paspornya udah didaftarin bebas visa dan dapat digunakan buat ke Jepang. Visa waiver ini sama sekali gak dikenain biaya alias gratiss. Enak kan?? Makanya kalo yang belum punya paspor, mending bikin paspornya yang E-Paspor aja..mahal dikit tapi kan lebih canggih hehe.
Visa Waiver
-         - Tempat Tinggal
Untuk tempat tinggal, aku biasa nyari-nyari di situs yang nyediain info-info hotel, apartment, guest house dll. Kaya Airbnb, Trivago, Agoda, Traveloka, dan waktu itu aku dapet yang cocok dari situs Home Away https://www.homeaway.co.id/ Sebuah apartment minimais di daerah Sumida yang lokasinya strategis banget deket sama Sky Tree. Kalo ini sih harus pinter-pinternya kita aja liat kondisi budget sama se-strategis apa lokasi tsb dan sedekat apa dg mode transportasi biar akses kemana-mananya gampang.

-        - Itinerary
Itinerary atau jadwal perjalanan. Aku biasa bikin sedetail yang memang aku perluin, kaya kalo hari ini mau kemana, jam berapa, naik apa, turun dimana, waktu tempuh berapa lama, ongkosnya berapa, makannya dimana dan ibadahnya dimana. Kadang sampe menu dan harga di restaurant yang ditujupun aku cari-cari dulu di google beserta ke-halal-an nya.

-         - Uang
Mata uang yang digunakan di Jepang adalah Yen. Saat itu rate 1 Yen sekitar Rp.121. Jadi kalo ada barang harganya 100 yen,kalo di rupiahin sekitar Rp.12rb an. Nah, setelah kita nyiapin budget tiket pesawat dan budget tempat tinggal, sisanya adalah biaya hidup, transportasi, dan oleh-oleh. Kalo menuru aku pribadi, sebagian budget yang gak bisa di press itu ada di transportasi.

### Transportasi di Tokyo umumnya memakai kereta dan harganya cukup mahal. Namun emang praktis banget buat dipake. Disana ada macem-macem jalur kereta yang dioperasikan oleh pemerintah dan perusahaan swasta sehingga untuk pembayaran menggunakan kartu All in One kaya EZ-Link Card-nya Singapore, itu agak susah di Tokyo. Ada kereta yang beroperasi di bawah tanah, dan ada yang dipermukaan. Sebenernya ada sih kartu kereta yang paketan misal 1 day pass atau 3 day pass tp hanya buat jalur kereta JR saja, atau buat jalur Tokyo metro atau Toei subway saja, atau ada yang 1 day pass untuk jalur Yamanote Line saja. Nah belum ada kartu khusus yang bisa digunain buat semua jalur itu jadi satu. Agak ribed emang, intinya kalo aku waktu itu pake tiket reguler aja tiap kali mau naik kereta ya beli dulu tiketnya di mesin tiket. Soalnya setelah dihitung-hitung ongkosnya gak jauh beda dengan yg pass gitu dan ribed kalo mau ambil katakanlah 1 day tiket tapi khusus kereta JR sedangkan menuju destinasi kita, kita harus naik jalur JR dan pindah ke jalur Metro. Apalagi kalo misal ngambil 1 day tiket JR padahal sehari itu kita cuman pake JR sekali saja. Kan rugi. Hmm.. ###

-        - Barang bawaan dan Tiket
Siapin barang-barang seperlunya aja. Kaya aku, aku perlu yang namanya setrika, jadi selalu bawa setrika kalo travel kemana-mana hahahaha. Soalnya males aja gitu kalo jalan-jalan bajunya kusut. Dan bawa hanger juga kalo emang bawa setrika. Tapi ya ini tergantung muat atau tidaknya kapasitas koper kita. Kalo kira-kira gak muat ya gausah maksain. Tapi aku selalu pake koper kecil sih yang untuk kabin dan itu muat didalemnya ada setrika, baju-baju, tas, alat mandi, bahkan sepatu 2 pasang wkwkwk. Diatur aja pinter-pinter. Yang penting jgn sampe ada yang tertinggal. Terus pantau kondisi cuaca tempat tujuan dengan memanfaatkan informasi dari internet. Ini penting banget buat memprediksi jumlah baju hangat, topi, ataupun payung yang harus dibawa atau tidak.
Terus tiket. Tiket pesawat kudu nempel dah sama paspor. Juga tiket-tiket lain yang sekiranya udah dibeli. Kalo aku waktu itu ada tiket disneyland. Pokonya pertiketan jgn sampe lupa. Bikin check list aja sebelumnya.

  - Makanan 
Terakhir makanan, nyari makanan di negeri orang gak selalu gampang. Atleast minimal kita bawa sedikit lauk pauk yang bisa bertahan lama kaya rendang, serungdeng, teri balado atau b*n cabe atau bahkan micin barang kali. wkwk lumayanlah selain bisa menghemat juga bisa menyelamatkan rasa. Syukur-syukur kalo kita bisa masak di tempat tinggal tujuan. Jadi tinggal beli bahan-bahannya aja disana dan terjamin kehalalannya.

- Map dan Translator Software
Map. Ini penting banget. Terutama Map jalur kereta. di Jepang itu banyak banget line kereta yang kalo gak jeli bakal susah buat ngertinya. Njelimet banget pokonya. Kalo buat nyari alamat atau jalur jalan kaki aku biasa ngandelin GPS nya Google Map. And.... berhubung di Jepang kebanyakan tulisannya pake Hiragana, Katakana, dan Kanji, kita harus banget nyiapin Translator software minimal Google Translate. Ini bakal helpfull banget sih. Ya meskipun panduan bahasa inggris juga udah banyak. Tapi tetep aja Bahasa Jepangnya lebih-lebih banyak.


Mungkin itu dulu deh buat pendahuluan. Next aku mau cerita tentang agenda disananya ngapain dan kemana aja di Kolom Japan (Klik disini). See you next time~

0 comments:

Post a Comment