Wednesday, December 25, 2019

Pengalaman Pasang Grommet [-Cerita lanjutan-]

Halo halo apa kabar semuanya? semoga selalu ada dalam kesehatan ya teman-teman.

Beberapa bulan lalu aku sempet cerita kalo aku habis operasi pasang grommet dan sinusitis. Buat yang belum tau ceritanya mungkin bisa di intip disini (Klik disini) 
 
Nah, kali ini aku mau lanjutin perkembangannya. Sesuai dg ceritaku sebelumnya, grommet atau pipa timpanostomi adalah semacam alat kecil yang dipasang di gendang telinga. Masa pemasangan grommet sendiri kalau kata dokter bisa sampai maksimal satu tahun. Jadi kalau lebih dari itu, grommet harus dilepas. Nah untuk melepasnya, grommet itu ada jenis yang memang bisa lepas dengan sendirinya dan ada yang harus dilepas dengan bantuan dokter. Kebetulan grommet yang dipasang ditelingaku termasuk grommet yang bisa lepas dengan sendirinya. 
Kata dokter, kalau kondisi telingaku sudah membaik, grommet akan lepas begitu saja. Waktu itu aku pasang grommet bulan Juli 2019 dan setelah itu aku rutin check up ke dokter setiap dua minggu sekali sampai bulan September 2019. Jadi grommetnya tetap dipantau sama dokter.

Nah, pas terakhir check up bulan September itu, dokterku bilang kondisi telingaku yang dipasang grommet itu sudah membaik dan grommetnya juga sebenarnya sudah bisa dilepas. Akhirnya dokter mencoba menarik-narik grommetnya dari telingaku tapi aku ngerasa ngilu banget. Berhubung rasa ngilu itu ditakutkan menyebabkan trauma ke gendang telinga, akhirnya dokter ngasih dua opsi. Pertama, membiarkan agar grommetnya tetap terpasang sambil di observasi 3 bulan kedepan. Dengan kata lain menunggu lagi sampai grommetnya bisa lepas dengan sendirinya. Opsi kedua, aku bisa aja masuk ruang bedah lagi untuk proses pelepasan grommet. Well, berhubung aku parno mendengar kata-kata ruang bedah, akhirnya aku minta untuk observasi saja dan nunggu lagi selama 3 bulan. Meskipun kata dokter sih kalau masuk ruang bedah juga paling disayat kecil dan bentar doang, tapi tetep saja aku parno karena aku yakin meskipun dokter bilangnya simpel, tapi pasti banyak prosedur ini itunya dulu untuk masuk ruang bedah. Belum lagi administrasi dan biaya lainnya. Waduhh ngga deh. Akhirnya keputusan final adalah observasi 3 bulan lagi. Jadi jadwal check up selanjutnya sekitar bulan November atau Desember 2019. 

Berhubung November itu aku sibuk jadi pengacara (pengangguran banyak acara hehe). Gak deng. sebenernya aku ngeles aja. Aku cuma pengen mengulur waktu soalnya feelingku bilang si grommet tuh belum copot sampe bulan November itu. Takutnya pas di check sama dokter ternyata emang belum copot, dan takut kalau aku malah disuruh masuk ruang bedah. Kan ngeri. Makanya aku memutuskan untuk menunggu sampai Desember.

Rencana pertengah Desember aku mau check up, aku udah nentuin tanggalnya. Tapi pas aku reservasi jadwal dokter seminggu sebelumnya, ternyata dokterku sudah cuti natal saat itu. Akhirnya niat check up ku pun di cancel. Nunggu lagi sampai Januari 2020.

BTW hari ini aku nulis tanggal 26 Desember 2019. Dua hari kemarin, yaitu tanggal 24 & 25 aku libur kerja. Tanggal merah untuk hari Natal. Meskipun aku sebenarnya gak ngerayain natal, tapi ada hal yang bikin aku seneng bangeeet dihari itu. Pas di tanggal 24 Desember itu, Grommetku akhirnya lepassssssss weyyy.....wkwk.

Ceritanya, saat itu siang-siang aku lagi tiduran di kamar sambil nonton youtube terus tiba-tiba aja ngerasa ada sedikit gatel di telinga. Pas aku garuk (gak sampe ke dalem telinganya banget kok) ternyata ada sesuatu yang ngeganjel gitu di lubang telinganya. Kupikir gak mungkin kalo kotoran telinga sebesar dan sekeras itu, jorok amat wkwk :V. Akhirnya ku congkel pelan pake pembersih kotoran telinga, eh ternyata itu grommet yang sudah lepas dengan sendirinya. Waaah seneng banget rasanya si grommet beneran lepas sendiri hehe. Jadi aku gak parno lagi deh mikirin gimana caranya lepasin itu grommet kalo masuk ruang bedah. Tapi bulan Januari nanti aku akan tetap check up buat memastikan segalanya baik-baik saja dan sekaligus bilang ke dokterku kalo grommetnya sudah lepas sendiri. Gitu deh ceritanya teman-teman. Kalo mau tau bentukan grommetnya kaya gimana, bisa lihat gambar dibawah ini ya. Tapi mungkin ada kotorannya. Jadi mohon maaf hehe. Sekian dulu ceritanya terimakasih udah membaca. Selamat tahun baruu.

Ini utk perbandingan size dengan koin 500. Kecil kan?





0 comments:

Post a Comment