Thursday, December 12, 2019

Serba Serbi Kehidupan di Asrama (Part 3)




Part 3
Rumor Horor dan Hal Mistis


Hi guys? Apa kalian termasuk orang yang penakut? Tenang.. aku juga penakut kok. Dan rasa takut adalah hal yang wajar. Menurut wikipedia, “Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.” 

Kali ini aku akan melanjutkan serba serbi kehidupan di asrama. Kira-kira apa sih yang di takutkan kalau tinggal di asrama? Tentunya selain dari peraturan, hukuman, senior yang galak, pasti ada juga rasa takut sama rumor horor dan hal mistis di asrama. Kali ini aku akan cerita beberapa rumor horor dan hal mistis di asramaku dulu.

  1. Gulutuk sengir

    Gulutuk sengir berasal dari bahasa sunda. Gulutuk artinya menggelinding. Dan sengir artinya nyengir atau menyeringai. Gulutuk Sengir ini adalah rumor horor di asramaku dimana ada orang-orang yang kadang katanya suka melihat penampakan kepala buntung dan menggelinding kesana kemari sambil muka nya menyeringai. Biasanya dia populer menggelinding-gelinding di lorong asrama. Jadi kaya bola yang gelinding-gelinding sendiri padahal taunya itu kepala buntung. Hiiiiiyyy…. ngeri. Mungkin kalo ada orang yang nganggepnya bola terus Si gulutuk sengirnya ditendang, kasian juga ya dia. Tapi jujur aku sendiri sih belum pernah melihat penampakan tersebut. Yaa..jangan sampe deh.. kan serem.


  2. Pocong ijo

    Kalian pasti tau lah ya pocong itu apa. Tapi pocong ijo bukan sebutan untuk pocong berwarna hijau kaya lontong. Melainkan pocong yang katanya menyukai warna hijau. Entah kenapa rumor ini dulu sempet populer di asrama ku. Ada orang-orang yang katanya melihat penampakan pocong dan dikait-kaitkan si pocong tsb selalu menampakan diri ketika melihat sesuatu yang berwarna hijau. Misalnya kalian pakai baju hijau, atau selimut warna hijau, atau tirai jendela dikamar warna hijau. Saat rumor ini populer, banyak penghuni asrama yang mengganti segala perlengkapan mereka yang berwarna hijau dengan warna lain. Termasuk aku kebawa omongan orang-orang untuk mengganti tirai jendela kamarku yang berwarna hijau -_-. Konon katanya pocong ijo ini adalah mahluk yang sedang nyari-nyari tumbal. Tapi gak tau lah ya keasliannya. Namanya juga rumor. Aku sendiri gak pernah tuh melihatnya. Tapi ya kalo dipikir-pikir, kenapa dia dikaitkan sama warna hijau ya? Hmm.. masih menjadi misteri.


  3. Kunti

    Kunti atau kuntilanak udah gak asing ditelinga kita. Sosok ghaib yang berupa perempuan berambut panjang dan berpakaian putih lusuh ini katanya emang sering diceritain menampakan diri. Terlebih di atas pepohonan dan tempat-tempat yang lembab. Dan konon jenis mahluk ini merupakan yang paling banyak terdapat di asramaku karena asramaku kan khusus cowok jadi kunti-kunti nya pada seneng gitu kalo banyak cowok -_-. Selain itu memang di sekitar asramaku banyak spot-spot yang mendukung untuk tempat tinggal si kunti ini. Ada beberapa kolam di samping dan belakang asrama dan juga ada rimbunan pohon bambu dan pohon-pohon lainnya sekitar situ. Kalau ditanya aku pernah lihat atau tidak, hmm.. entahlah mungkin kalau sekelebat bayang-bayang putih sempet sih kelihatan walau gak jelas apa itu imajinasiku saja atau emang beneran si mba-mba ini. Tapi kalo aku seringnya sih denger suara anak ayam malem-malem di belakang asrama yang banyak pohon bambu. Kan katanya kalo ada suara anak ayam malem-malem, itu tuh bukan suara anak ayam beneran. Tapi suara kunti-kunti ini >.<

  4. Jin pelindung

    Ada rumor juga tentang yang namanya jin pelindung. Jin pelindung ini yaitu sosok gaib yang melindungi apapun atau siapapun yang emang ingin dia lindungi. Misalnya ada jin pelindung asrama dan jin pelindung orang-orang tertentu. Konon katanya jin ini akan menjamin keselamatan yang dilindunginya dari hal-hal buruk. Jin ini ada yang bersifat turunan dari leluhur atau ada juga pihak-pihak yang sengaja mencari dan membuat kontrak dengannya. Tapi pada dasarnya ya, aku yakin kalau suatu hal buruk harus terjadi sesuai takdir, ya maka akan terjadi. Terlepas dari seberapa kuat jin itu berusaha melindungi, tetap saja takdir tuhan itu akan jauh lebih kuat. Jadi sebaiknya kita meminta perlindungan sama tuhan saja ya teman-teman :D. Beberapa rumor jin pelindung ini yang aku dengar dari gosip-gosip antara lain: Dulu tuh ada salah seorang anak yang katanya dia tanpa sadar punya 7 jin pelindung dari keturunannya. Makanya kadang katanya sih orang-orang ada yang suka melihat sosok pelindungnya ini ngikut-ngikutin si anak kemana-mana. Tapi gatau sih ya bener atau engganya.
     


  5. Ajian-ajian atau ilmu ghaib

    Ini juga populer dikalangan tertentu. Banyak lho orang yang menginginkan ini itu secara instan dengan tujuan baik atau buruk. Misalnya ingin kaya, ingin kuat, ingin disukai banyak orang, bahkan ingin bisa menghilang dan terbang seperti burung. Rumor-rumor itu ada kok bahkan untuk dikalangan anak-anak yang belum dewasa sekalipun. Dan memang dari yang aku tahu, ilmu-ilmu tesebut punya syarat yang berbeda-beda. Dari mulai harus berpuasa, harus bertapa di tempat yang sepi malem-malem, harus baca ini itu di waktu-waktu tertentu, dll.
    Kalo kamu ingin apa guys? Kalo aku ingin indomie kuah pake telor pake cabe deh.. enak kali ya Hahaha *gaknyambungkiii


  6. Kesurupan

    Kesurupan atau kerasukan juga bukan hal yang asing. Sering loh terjadi di asrama. Tapi kadang ada yang bener kesurupan ada yang boongan. Alias stress pengen pulang ke rumah. Banyak yang kaya gitu. Saking stressnya tinggal di asrama, ada orang yang berlaku seakan-akan sering kesurupan dan minta di pulangkan padahal karena gak betah di asrama. Acting gitu deh ceritanya. Alhasil ya pulang juga. Daripada tiap hari akting kesurupan kan capek juga ngurusin nya.


  7. Setan penunggu

    Akan selalu ada spot-spot di asrama yang dirumorkan ada penunggunya sampe jarang ada orang yang kesana. Dulu di asramaku ada beberapa ruangan kamar yang gak di isi karena rumornya ada genderuwo disitu. Lalu ada juga kamar mandi yang tak pernah dipake yang letaknya di belakang asrama gara-gara kamar mandi itu dekat dengan pohon bambu. Padahal airnya masih mengalir bersih. Konon disitu banyak penunggunya. Tapi aku malah seneng mandi disitu karena gak perlu ngantri. Dan menurutku aman-aman saja sih. Kadang-kadang ya jangan selalu kemakan rumor ya kan. Atau paling ngga ya kita niatin aja dalam hati kalo kita gak niat ganggu dan jangan ngelakuin hal aneh-aneh.

    Masih banyak lagi rumor horor dan mistis lain yang tak bisa kusebut satu-satu.

Oke guys. Itu aja yang bisa ku share di cerita kali ini. Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti. Dan emang ceritanya tidak menakutkan juga kan? Hehe. Aku hanya berbagi cerita dari pengalamanku saja. Intinya percaya atau tidak percaya kita tetap harus waspada karena kadang ketakutan justru bisa mencelakakan diri kita sendiri juga. Misalnya karena takut sama hantu, kita jadi lari-lari dan jatuh dari tangga lalu terluka. Udah kaya di film-film kan? Padahal itu juga akibat kecerobohan diri sendiri. Yang paling penting sih intinya kita harus yakin kalau tuhan ada bersama kita dan meyakini kalau kita adalah mahluk yang sempurna dan kuat. Jangan lupa juga untuk tetap berdo’a pada tuhan agar diberi keselamatan. Semoga kita semua selalu aman dan tentram ya guys. Boleh juga share-share pengalaman kalian di kolom komentar. Dan  bagi yang masih tertarik mengetahui serba-serbi kehidupan di asrama, mari kita lanjut ke Part 4. See you~





 

0 comments:

Post a Comment